Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jul 2015 15:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tak Cuma Inggris, Portugal Juga Punya Stonehenge

Situs megalitikum Almendres Cromlech di Portugal (Youtube)
Evora - Monumen berupa tumpukan batu raksasa yang bernama Stonehenge di Inggris memang begitu misterius dan sudah terkenal. Tak hanya Inggris, rupanya di Portugal juga ada monumen batu purbakala yang menyerupai Stonehenge.

Monumen batu yang misterius tak hanya bisa dilihat di Inggris. Saat liburan di Kota Evora, Potugal, traveler juga dapat melihat langsung susunan batu di situs megalitikum Almendres Cromlech yang mirip dengan stonehenge.

Ditengok detikTravel dari situs pariwisata Evora, Kamis (23/7/2015) situs megalitikum Almendres Cromlech berisi batu nisan dan berbagai batu menhir. Batu-batu yang tersusun di situs ini diperkirakan dibuat sekitar 5.000 tahun sebelum Masehi.

Ada sekitar 95 batu-batu besar dengan tinggi sekitar 2,5-3,5 meter. Bentuknya agak pipih dan disusun membentuk dua lingkaran besar. Lingkaran pertama yang lebih kecil ada di bagian timur, sedangkan lingkaran kedua, yang bentuknya lebih mirip seperti oval ada di sebelah barat.

Sekitar 3.000 tahun sebelum Masehi, banyak batu yang dipindah posisinya. Perpindahan posisi ini diduga agar susunan batu bisa lebih sejajar dengan bulan, bintang dan matahari.

Keberadaan Almendres Cromlech yang dibangun pada zaman prasejarah ini awalnya memang tidak diketahui banyak orang. Hingga pada tahun 1966, seorang arkeolog menemukan situs megalitikum ini.

Hingga sekarang, Almendres Cromlech menjadi salah satu tujuan wisata bagi traveler pecinta sejarah. Traveler bisa berkunjung ke situs ini tanpa perlu bayar tiket masuk alias gratis.

(krn/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA