Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Jan 2016 07:23 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Gunung di Korea Utara yang Konon Dikunjungi Kelinci dari Surga

Afif Farhan
detikTravel
Gunung Kumgang yang sangat indah di Korea Utara (Korea Konsult)
Wonsan - Korea Utara masih jarang didatangi wisatawan. Padahal di sana ada Gunung Kumgang yang cantik dan legendanya didatangi kelinci dari surga.

Ada satu gunung di Korea Utara yang dinilai paling cantik. Namanya Gunung Kumgang, yang sejarahnya kelinci dari surga turun ke sana dan tidak kembali pulang karena saking terpukau dengan keindahannya.

Gunung Kumgang merupakan satu dari lima gunung di Korea Utara, lainnya adalah Gunung Paektu, Myohyang, Chlibo dan Kuwoi. Gunung Kumgang berada di Rangkaian Pegunungan Taebaek yang memanjang di bagian timur Korea Utara sampai Korea Selatan. Kota terdekatnya, adalah Wonsan yang dibutuhkan wwaktu 3 jam naik mobil.

Salah satu operator tur yang menawarkan perjalanan ke Korea Utara, adalah Korea Konsult. Seperti detikTravel lihat dari laman situs resminya, Selasa (5/1/2016) gunungnya punya ketinggian 1.638 mdpl yang dalam bahasa setempat, Kumgang artinya adalah gunung berlian.


Salah satu sisi keindahan Gunung Kumgang (Korea Konsult)

Tak berlebihan nama itu disematkan, karena panorama alam di sana sungguh indah sekali. Seorang penyair dari dinasti China yang hidup pada tahun 1037-1101, bernama Su Shi pernah berkata seperti ini, "Ketika saya meninggal setelah melihat Gunung Kumgang, saya tidak akan menyesal".

Jauh sebelum itu, masyarakat setempat punya cerita sendiri soal keindahan Gunung Kumgang. Dikisahkan, pada zaman dulu seekor kelinci dari surga atas seizin Dewa, diizinkan turun ke Bumi untuk melihat Gunung Kumgang. Dengan syarat, kembali ke surga pada batas waktu yang ditentukan.

Namun ternyata, si kelinci tidak kembali juga. Akhirnya, sang Dewa pun menutup pintu surga rapat-rapat untuk kelinci. Si kelincinya sendiri, lebih memilih tinggal di Bumi karena terpukau oleh keindahan Gunung Kumgang.

Bicara soal keindahan, Gunung Kumgang memang bikin jatuh cinta. Gunung ini tercatat memiliki 12 ribu puncak tiap lanskap yang berbeda-beda. Yang paling favorit, adalah lanskap menghadap Laut Kumgang.


Air terjun Kuryong (Korea Konsult)

Beberapa puncaknya malah terdiri dari bebatuan cadas yang unik. Salah satunya adalah di kawasan Jipson, yang terlihat bebatuan runcing menjulang tinggi. Selain itu, gunung ini pun punya beberapa air terjun cantik. Ada air terjun Kuryong yang punya ketinggian sekitar 75 meter.

Di kaki gunung, terhampar danau-danau kecil yang berwarna biru toska. Salah satunya yang terkenal adalah Sangpaidam, suatu kumpulan danau-danau kecil yang terlihat eksotis dari ketinggian.

Usut punya usut, Gunung Kumgang ternyata sudah mencuri perhatian turis dari Korea Selatan. Mereka naik kereta dari Donghae menuju kawasan Gunung Kumgang. Bagi turis asing lainnya beberapa operator tur seperti Korea Konsult, Hyundai Asan, DPRK 360 dan Mt Kumgang Tour menawarkan perjalanan ke sana.


Sangpaidam, kumpulan danau yang eksotis (Korea Konsult)

Ternyata, di Gunung Kumgang sendiri sudah terdapat fasilitas wisata seperti hotel (Kumgangsan Hotel dan oekumgang) dan tiga restoran yakni Mongnan (Mokran) Restaurant, Tanpung Restaurant dan Magnolia Restaurant.

Tapi ingat, kawasan di dalam hutan Gunung Kumgang merupakan kawasan yang sakral. Di sanalah banyak terdapat kuil Buddha di tengah hamparan bebatuan granit, yang mana juga terdapat pahatan Buddha raksasa di tebing. Mengesankan!

Beda operator tur, beda pula paket perjalanan yang ditawarkan. Silakan pilih yang cocok dengan budget dan sesuai selera. Selamat mengunjungi gunung yang konon pernah dikunjungi kelinci dari surga ini.


Ukiran pahatan Buddha (Korea Konsult)

(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA