Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Jan 2016 12:52 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Hiran Minar, Menara Rusa Kesayangan Maharaja Pakistan

Menara Rusa Hiran Minar di Pakistan (Thinkstock)
Sheikhupura - Pakistan punya destinasi Situs Warisan Dunia UNESCO, namanya Hiran Minar. Uniknya, ini adalah menara untuk mengenang wafatnya rusa kesayangan Maharaja Jahangir.

Hiran Minar yang dalam bahasa Urdu berarti Menara Rusa, adalah sebuah bangunan menara yang berdiri di atas landasan berbentuk oktagonal dan dikelilingi oleh kolam air yang indah. Menara ini terletak di Kota Sheikhupura, Pakistan.

Dari informasi yang dikumpulkan detikTravel, Kamis (28/1/2016), Kota Sheikhupura adalah sebuah kota kecil yang berada di Provinsi Punjab. Kota ini bisa ditempuh dengan menggunakan jalur darat dari Islamabad, ibukota Pakistan. Waktu tempuhnya sekitar 3,5 jam.

Kota Sheikhupura memang termasuk kota bersejarah, yang sudah ada sejak zaman Kekaisaran Jahangir. Di kota ini ada banyak bangunan bersejarah, termasuk Hiran Minar. Kontruksi menaranya sendiri dipercaya dibangun pada tahun 1606 M.


(Thinkstock)

Sejarahnya, Hiran Minar dibangun sebagai sebuah monumen untuk mengenang kepergian Mansiraj kesayangan Raja Jahangir. Mansiraj yang berarti Cahaya Pemikiran, adalah seekor rusa atau antelop peliharaan kesayangan sang Raja.

Maharaja Jahangir yang bernama asli Nuruddin Mohammad Salim, begitu bersedih begitu mengetahui rusa peliharaan yang begitu disayanginya meninggal. Untuk itu dia mulai memerintahkan untuk membangun sebuah monumen, sekaligus makam sang rusa kesayangan di dalam puncak menara tersebut.

Hiran Minar dibangun dari batu bata, bentuknya lingkaran dan memiliki tinggi sekitar 30 meter. Untuk mencapai puncaknya, ada sekitar 108 buah anak tangga yang bisa didaki. Di sekeliling menara, terdapat taman berburu yang menjadi favorit raja-raja Kekaisaran Mughal, India.


(Thinkstock)

Pada tahun 1634, putra Maharaja Jahangir bernama Maharaja Shah Jahan yang saat itu naik tahta, berkunjung ke taman berburu favorit ayahnya. Shah Jahan memutuskan untuk menambahkan struktur kolam berbentuk persegi beserta sistem tangki pengisian air otomatisnya di sekitar Menara Hiran Minar.

Shah Jahan juga membangun paviliun berbentuk oktagonal di sebelah timur menara. Pembangunan ini tepat 2 tahun setelah dia memutuskan untuk membangun Taj Mahal. Kini, baik Hiran Minar maupun Taj Mahal masih kokoh berdiri dan jadi destinasi wisata favorit para wisatawan.

Berkat sejarahnya yang panjang dan kontruksi bangunannya yang begitu mengagumkan, UNESCO pun menetapkan Hiran Minar di Pakistan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia untuk kategori bangunan budaya. Di dalam menara ini juga terdapat ukiran-ukiran dengan motif India zaman dulu yang patut dilestarikan.


(Thinkstock)

(wsw/arradf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA