Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Feb 2016 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Yang Ngeri di Eropa, Pesawat Terbang Rendah di Jalan Raya

Afif Farhan
Redaksi Travel
Pesawat yang hendak mendarat di Bandara Skiathos (TheGreatFlyer/Youtube)
Pesawat yang hendak mendarat di Bandara Skiathos (TheGreatFlyer/Youtube)
Skiathos - Belum banyak traveler yang tahu tentang Bandara Skiathos di Yunani. Di bandara ini, pesawat akan terbang rendah melintasi pantai dan jalan raya sebelum mendarat. Ngeri!

Skiathos merupakan pulau kecil di sebelah utara Yunani, di Laut Aegean. Pulau seluas 50 km persegi, dengan deretan pantai berpasir putih dan lautan biru. Di sinilah tempatnya turis untuk bersantai dan menghabiskan malam di resor-resor berkelas.

Namanya mungkin masih asing terdengar di telinga, terutama bagi kita traveler Indonesia. Namun jika mencari informasi mengenai Skiathos di internet, ternyata bandara itu masuk dalam daftar 'The World's Scariest Airport' alias bandara mengerikan di dunia!


Pesawat terbang rendah dan mendarat di Bandara Skiathos (TheGreatFlyer/Youtube)

Dari informasi yang dirangkum detikTravel, Rabu (17/2/2016) Bandara Skiathos adanya di tepian pantai dengan ketinggian hanya 16 meter di atas pemukaan laut. Kalau pesawat mau mendarat, harus melintasi pantai dan jalan raya dengan posisi terbang yang sangat rendah!

Kala pesawat hendak mendarat, orang dan kendaraan pun dilarang melintas di jalan raya. Tapi tetap saja, traveler yang ada di pantai di dekat landasan pacu tempat pesawat mendarat, akan sigap memotret dan mengabadikan momen pesawat mendarat di dekat kepala mereka.

Posisinya yang dekat jalan raya, harus membuat pilot berhati-hati. Bahkan, landasan pacunya juga sangat pendek, cuma sepanjang 1.600-an meter. Pilot yang mendaratkan pesawat di Bandara Skiathos, diharuskan mereka yang berpengalaman dan khususnya sudah ahli mendaratkan pesawat di landasan pacu yang pendek.

Pesawat yang terbang langsung (direct Flight) ke Bandara Skiathos adalah Olympic Air. Penerbangan dari Kota Athena, ibukota Yunani, dengan memakan waktu 45 menit. Bandara Skiathos pun disebut mirip dengan Bandara Internasional Princess Juliana di Karibia. Turis bisa merasakan pesawat mendarat di atas kepala.


Turis yang berselfie dengan pesawat yang mau mendarat di Bandara Skiathos (Tomasz Balcerzak/Youtube)

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED