Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Sep 2016 08:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Festival Unik di China, Ziarah Ke Makam Hewan Kesayangan

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Suasana Pemakaman Baifu di Beijing saat perayaan Qingming (Jason Lee/Reuters)
Suasana Pemakaman Baifu di Beijing saat perayaan Qingming (Jason Lee/Reuters)
Beijing - Liburan ke China, traveler bisa melihat festival unik . Masyarakat pergi ke pemakaman di Beijing untuk membersihkan makam hewan kesayangan mereka.

China punya banyak tradisi dan festival unik yang bisa traveler nikmati jika pergi liburan ke sana. Salah satunya yang rutin digelar setiap tahunnya yaitu Qingming Tomb Sweeping Festival.

Ini sebuah upacara ritual untuk menghormati arwah leluhur, warga Tionghoa di Indonesia menyebutnya Ceng Beng. Di China, upacara ini termasuk juga untuk hewan peliharaan kesayangan yang sudah terlebih dahulu meninggal dunia.

Dilansir detikTravel dari Reuters, Rabu (21/9/2016), festival unik ini digelar setiap tanggal pertama, di bulan kelima dalam penanggalan bangsa China. Untuk pelaksanaan di tahun 2016 ini, Festival Qingming jatuh pada Senin (28/3), bulan Maret silam. Masyarakat akan berbondong-bondong untuk pergi berziarah ke makam hewan peliharaan mereka.

Seperti yang bisa traveler lihat di Pemakaman Baifu Chongwu Tiantang di Kota Beijing, China. Salah satu pengunjung bernama Qiuqiu, mengatakan pemakaman ini bak surga bagi para hewan peliharaan. Pemakaman hewan itu bernama 'Hundred Fortune Pet Heaven', alias ratusan surga keberuntungan bagi Hewan peliharaan.

Salah satu keluarga berziarah ke makam hewan peliharaannya (Jason Lee/Reuters)Salah satu keluarga berziarah ke makam hewan peliharaannya (Jason Lee/Reuters)
Qiuqiu menziarahi makam Huoban, anjing Pomerian peliharannya yang meninggal di usia 15 tahun. Qiuqiu sangat menyayangi Huoban. Anjing itu menjadi saksi saat Qiuqiu jatuh cinta, menikah, hingga punya anak.

"Berkunjung ke makam Huoban memberikan perasaan, kami tidak kehilangan koneksi. Saya harap kami bisa berjumpa lagi di kehidupan selanjutnya," ujar Qiuqiu.

Bagi warga China, memiliki hewan peliharaan adalah suatu kemewahan tersendiri. Dahulu, di zaman Mao Zedong masih berkuasa, memiliki hewan peliharaan merupakan sesuatu hal yang dilarang. Sekarang, kebijakan itu sudah ditiadakan.

Kini, memelihara hewan menjadi simbol kesuksesan finansial di China. Tren ini berdampak ke menjamurnya pemakaman hewan di kota-kota besar China. Pemakaman hewan Baifu di Beijing sendiri sudah dihuni 3.000 buah makam.

Makam kucing bernama Pangmi (Jason Lee/Reuters)Makam kucing bernama Pangmi (Jason Lee/Reuters)
Ketika hewan kesayangan mereka meninggal, mereka akan diperlakukan layaknya manusia. Mereka mendapat pemakaman yang layak. Bahkan, sang pemilik rela meneluarkan biaya yang tidak sedikit hanya demi mendapatkan pemakaman yang terbaik bagi hewan kesayangannya.

Satu kavling di pemakaman hewan Baifu dihargai sebsar 2.000 sampai 5.000 Yuan (setara Rp 3,9-7,8 juta), untuk masa pemakaian selama 30 tahun. Setiap tahunnya dikenakan biaya administrasi sebesar 50 Yuan (Rp 98 ribu). Sementara untuk nisannya sendiri, bisa mencapai sebesar 2.000-20.000 Yuan (setara Rp 3,9-39,4 juta).

Pemakaman hewan ini pun menjadi ramai setiap perayaan Qingming. Para wisatawan pun bisa turut mengikuti prosesi festival ini. Pemakaman hewan kini bukan lagi jadi lokasi yang menyeramkan di China.

Di makam hewan peliharaan, diletakkan barang-barang kesukaannya (Jason Lee/Reuters)Di makam hewan peliharaan, diletakkan barang-barang kesukaannya (Jason Lee/Reuters)



(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kebun Binatang Mini ala Ancol

Senin, 23 Okt 2017 09:30 WIB

Selain wahana permainan, Ancol juga punya wisata edukasi tentang binatang. Berada di Faunaland, kamu bisa belajar tentang hewan-hewan langka dunia.