Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Nov 2016 17:23 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Di Depan Hagia Sophia, Toilet Umumnya Berpintu Pengaman Otomatis

Rois Jajeli
detikTravel
Toilet umum berbayar dengan pintu otomatis di depan Masjid Hagia Sophia (Rois/detikTravel)
Istanbul - Masjid Hagia Sophia jadi destinasi wisata paling terkenal di Turki. Tahukah traveler, di depan masjid ini ada toilet umum berbayar dengan pintu otomatis.

Di depan destinasi Museum Hagia Sophia dan Masjid Biru terdapat toilet umum. Toilet atau WC umum ini berbayar, sama seperti ponten atau toilet umum di tempat keramaian di Indonesia. Tapi ada yang membedakan antara di Indonesia dengan Turki.

Jika di toilet umum berbayar di Indonesia, penjaga ponten menunggu di depan toilet untuk menerima pembayaran dari masyarakat yang menggunakan fasilitas untuk sekedar cuci muka, buang air kecil maupun buang air besar (BAB).

Masyarakat ada yang membayar terlebih dahulu sebelum masuk ke toilet. Ada juga yang membayar setelah keluar dari toilet. Keluar masuk toilet, tidak ada pintu pengaman otomatis.
Untuk masuk ke toilet mesti bayar dulu (Rois/detikTravel)Foto: Untuk masuk ke toilet mesti bayar dulu (Rois/detikTravel)


Berbeda dengan toilet atau WC umum yang ditemui di komplek destinasi wisata Hagia Sophia, Masjid Biru di Istanbul, Turki ini.

Masyarakat perempuan, laki-laki, anak kecil atau orang dewasa tidak bisa sembarangan masuk ke WC. Pasalnya, ada pintu pengaman otomatis yang terpasang di depan pintu masuk WC.

Untuk bisa masuk ke WC ini, harus membayar 1 Lira Turki atau setara Rp 4 ribu. Bagi yang memiliki uang koin 1 Lira Turki, bisa langsung memasukkan uang koin tersebut ke mesin pintu pengaman.

Bagi yang tidak memiliki uang koin 1 Lira Turki, tidak perlu khawatir, karena ada penjaga WC yang berjaga di dekat pintu pengaman otomatis, yang siap menukarkan uang anda menjadi uang koin.

Ada loket untuk menukar koin (Rois/detikTravel)Foto: Ada loket untuk menukar koin (Rois/detikTravel)


Penjaga tersebut berada di ruang khusus penukaran seperti loket. Tapi petugas tersebut, kadang kala membantu memasukkan koin kepada masyarakat yang tidak tahu caranya membuka pintu pengaman.

Di setiap mesin pintu pengaman toilet itu, akan terlihat tanda panah berwarna merah. Kalau lampunya menyala merah, pertanda tidak bisa masuk.

Kalau sudah dimasukkan koin 1 Lira Turki, tanda panah tersebut berganti warna menjadi hijau. 1 Lira Turki hanya berlaku untuk satu orang. Sedangkan orang yang ingin keluar dari WC, tidak perlu memasukkan koin lagi, karena tanda panahnya terus menyala warna hijau.

Air di WC ini bisa diatur alirannya (Rois/detikTravel)Foto: Air di WC ini bisa diatur alirannya (Rois/detikTravel)


WC umum ini juga terlihat bersih dan tidak bau pesing. Air juga bisa diatur agar mengalir deras.

WC umum di komplek Museum Hagia Sophia juga tersedia dan gratis. Tapi bagi yang sudah terlanjur keluar dari area museum atau masjid, siapkan terlebih dahulu 1 Lira Turki.

Setelah membayar baru traveler bisa masuk ke dalam toilet (Rois/detikTravel)Foto: Setelah membayar baru traveler bisa masuk ke dalam toilet (Rois/detikTravel)
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA