Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Feb 2017 17:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tempat Berburu Oleh-oleh Murah di 5 Negara

Masaul K Ahmad
detikTravel
Foto: (Ari Saputra/detikTravel)

FOKUS BERITA

Pro Kontra Oleh-oleh
Tokyo - Jangan takut kehabisan uang untuk belanja oleh-oleh di luar negeri. Di beberapa kota tujuan wisata favorit dunia, ada toko oleh-oleh murahnya lho!

Anda takut berbelanja ketika sedang liburan di luar negeri karena beranggapan menguras kocek. Jangan takut, 5 kota dunia ini menyediakan tempat belanja murah khas negara mereka.

Tempat belanja oleh-oleh murah ini tersebar di benua Asia, Eropa, hingga Amerika. Selain harganya cocok di kantong, berbagai barang dijajakan pastinya tak mengecewakan bila dijadikan buah tangan bagi orang-orang tersayang.

detikTravel telah mengupasnya buat Anda, Kamis (2/2/2017) mari bahas satu-persatu:

1. Tokyo, Jepang

Tempat Berburu Oleh-oleh Murah di 5 NegaraFoto: undefined
Bagi Anda turis asal Indonesia, Yodobashi Akiba Mall adalah surganya belanja di Tokyo, Jepang. Mal yang mempunya tujuh lantai ini begitu menonjol dari sekitarnya karena amat ramai.

Terletak tak jauh dari Stasiun Akihabara, Yodobashi selalu ramai pengunjung. Pada lantai satu terdapat kios-kios gadget dan komputer. Lantai dua menyimpan peralatan rumah tangga berbasis elektrik seperti mesin cuci, pemanas ruangan dan pengering rambut. Lantai tiga berisi kebutuhan kamera, printer hingga jam tangan.

Yang selalu ramai adalah lantai 6 karena berisi mainan. Kesukaan masyarakat Jepang dalam bermain game maupun cosplay terpenuhi di sini dari balita hingga dewasa.

Soal harga? Tentu lebih murah dong. Meski untuk beberapa barang seperti kamera dan gadget tak terpaut jauh harganya dengan di Indonesia. Harga diskonan sampai 20 persen berlaku untuk pembelian mainan anak-anak.

Kelemahan tempat ini cuma satu, yakni tidak semua item diberi fasilitas tax refund. Biasanya, tax refund hanya diberikan untuk barang dengan nominal cukup besar seperti kamera.

2. London, Inggris

Tempat Berburu Oleh-oleh Murah di 5 NegaraFoto: undefined
Liburan ke Inggris memang perlu kocek banyak. Tapi tenang, ada lho tempat rahasia untuk belanja suvenir murah di London.

Tempat pertama bernama Portobello Market. Yakni sebuah jalanan dengan pertokoan di kanan-kirinya. Pasar ini berada di pinggiran Kota London sisi barat laut.

Keluar dari Stasiun Ladbroke Grove maka cari petunjuk menuju Portobello Road. Pasar ini menghampar sepanjang jalan. Portobello Market paling ramai di akhir pekan, karena toko-toko di dalam gang buka semua.

Portobello Market bagi sebagian traveler adalah surga barang antik. Ada pajangan antik, kamera antik, kerajinan perak dan logam lain. Ada pula barang baru seperti kerajinan kulit, lukisan dan pigura. Selain itu ada barang loak, sayur dan buah-buahan seperti pasar pada umumnya.

Nah untuk penggemar suvenir, Portobello adalah surganya suvenir murah di London. Menyoal harga, akan lebih murah dari pada toko suvenir di pusat kawasan wisata di London. Contoh, gantungan kunci atau magnet yang di tengah kota harganya 5 Pound dapat 3 buah, di sini bisa dapat 7 buah! Hmmm...

Tempat suvenir murah yang kedua ada di Queensway. Lokasi ini memang menyediakan berbagai cinderamata, mulai dari gantungan kunci, kaus, gelas, boneka, hingga asbak yang bercirikan London.

Tapi kita perlu tahu juga, biasanya barang-barang itu memang Made in China. Tapi ya, namanya juga murah meriah.

Untuk ke Queensway ini bisa menumpang taksi atau bus. Nah, untuk soal pernak pernik, di sepanjang jalan ini bertebaran toko-toko cinderamata. Pemilik tokonya pun rata-rata keturunan Asia, dari India ataupun China. Jangan sungkan juga melakukan penawaran di toko-toko ini.

Soal harga, gantungan kunci sekitar 1,5-2,5 Poundsterling (Rp 21.000-36.000). Kalau membeli banyak bisa mendapat diskon lho. Selain toko-toko cinderamata, tersedia juga bermacam toko makanan yang kental dengan rasa Asia. Harga makanannya pun terjangkau kocek.

3. Rotterdam, Belanda

Tempat Berburu Oleh-oleh Murah di 5 NegaraFoto: undefined
Selain terkenal dengan bunga tulip dan kincir angin, Belanda jadi salah satu surga belanja di Eropa. Di Rotterdam, traveler bisa membeli barang bermerk dengan diskon menggiurkan!

Salah satu tempat belanja yang tak boleh terlewatkan di Rotterdam adalah Lijnbaan. Lijnbaan bisa ditemukan di kawasan Rotterdam Centrum atau Rotterdam Center. Dibuka pada tahun 1953, Lijnbaan menjadi tempat belanja favorit para turis merupakan sebuah jalan dengan jejeran toko yang menjual produk fashion bermerek internasional.

Berbagai merek seperti Zara, H&M, Mango, Invito, Tommy Hilfiger, Pull & Bear, Hugo Boss dan lain sebagainya bisa ditemukan di sini. Harga barang bermerek di Lijbaan biasanya bisa lebih murah dibanding tempat lainnya.

Misalnya saja harga jaket musim dingin yang biasanya puluhan Euro, bisa didapatkan mulai dari harga 15 Euro (Rp 221 ribu). Tak hanya jaket, aneka baju, ikat pinggang hingga sepatu boots juga bisa didapat dengan harga terjangkau.

Ada yang lebih murah lagi, di toko The Sting di area bawah tanah Beurstraverse. Toko ini menjual barang dengan diskon besar-besaran, dimana Anda bisa belanja pakaian dengan harga mulai dari 1 Euro (Rp 14 ribu)!

Tak jauh dari Stasiun Rotterdam Alexander, ada pusat perbelanjaan Alexandrium dan Primark. Alexandrium terdiri dari jejeran butik dan juga kafe. Sedangkan Primark adalah pusat perbelanjaan yang menjual produk fashion.

Barang-barang di Primark hampir semuanya dijual murah. Tetapi tenang saja, kualitasnya tetap terjamin. Seperti di Lijnbaan, murah bukan berarti barangnya jelek. Sebuah kaus bisa didapatkan dengan harga sekitar 6 Euro (Rp 88 ribu).

Selain Rotterdam, Anda juga bisa berburu belanjaan murah di Kota Delft. Kota pelajar ini punya berbagai tempat belanja dengan harga miring. Di kawasan Vermeer Centrum Delft, ada jejeran toko yang menjual produk fashion menarik.

4. Hong Kong

Tempat Berburu Oleh-oleh Murah di 5 NegaraFoto: undefined
Wanita adalah ciptaan Tuhan yang paling gesit untuk belanja. Kalau sedang ke Hong Kong, Ladies Market di Kowloon adalah tempatnya.

Tinggal pilih, mau belanja aneka kaos, gantungan kunci, jaket, lukisan, sepatu, hingga aneka pernak-pernik. Cocok untuk oleh-oleh karena terkenal sebagai surganya belanja murah meriah.

Jangan lupa tawar menawarnya biar harganya lebih murah wahai wanita. Aneka kaos di Ladies Market biasanya paling diserbu turis dengan gambar Bruce Lee hingga tempat-tempat wisata di Hong Kong seperti The Peak dan Sky 100.

Harga kaos di Ladies Market beragam, mulai dari HKD 100 atau sekitar 155 ribu untuk 6 kaos atau yang paling murah HKD 90 atau sekitar Rp 140 ribu untuk 7 kaos. Selain itu, gantungan kunci menjadi buruan utama dengan harga HKD 20 atau sekitar Rp 30 ribu. Masih banyak barang lainnya.

5. New York, Amerika Serikat

Tempat Berburu Oleh-oleh Murah di 5 NegaraFoto: undefined
Sebagai kota yang serba ada dan multi etnis, New York di Amerika Serikat memiliki kepingan Asia di dalamnya, yakni China Town. Jika Anda sudah mengunjungi Brooklyn Bridge, ada baiknya mampir ke lokasi ini.

Berburu oleh-oleh murah meriah tinggal datang ke kawasan itu dengan adanya barang mulai dari A sampai Z tersedia lengkap. Jaraknya hanya beberapa blok dari Brooklyn Bridge dan tinggal jalan sekitar 20 menit sudah tampak meriahnya toko-toko di China Town.

Anda bisa menawar di China Town dan jangan takut untuk menawar semurah-murahnya. Bila harga tak cocok, tinggal pilih toko lainnya. Oh iya, hati-hati dengan barang bawaan Anda.

Di dekat China Town, ada lokasi Little Italia. Nah, di kawasan ini, seperti halnya China Town, ada juga aneka rupa toko murah meriah. Tapi tentunya dengan ciri khas Italia, yakni mulai pizza hingga gelato, es krim khas Italia. Yummy!

Jadi baper kan? Makanya nabung yuk supaya bisa jalan-jalan dan belanja oleh-oleh. (msl/fay)

FOKUS BERITA

Pro Kontra Oleh-oleh
BERITA TERKAIT
BACA JUGA