Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Mei 2017 17:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Cerita Kelam di Balik Keindahan Pulau Tarutao, Thailand

Syanti Mustika
detikTravel
Salah satu spot di Pulau Tarutao (dok. BBC Travel/Dave Stamboulis)
Salah satu spot di Pulau Tarutao (dok. BBC Travel/Dave Stamboulis)
Hat Yai - Pulau Tarutao di Thailand adalah taman laut yang sangat indah. Tetapi dulunya ada cerita kelam di pulau ini.

Pulau Tarutao merupakan salah satu pulau terindah di Thailand yang terletak di kawasan Taman Lau Nasional Tarutao dekat perbatasan Malaysia di Pulau Langkawi. Pada tahun 1974, pemerintah menjadikan pulau ini sebagai Taman Laut Nasional. Pada tahun 1982 Taman Laut Nasional dinobatkan sebagai Taman Warisan dan Cagar Budaya ASEAN.

Tapi di balik keindahan dari Pulau Tarutao, terdapat cerita kelam mengenai pulau ini, lho. Pada tahun 1939 Pulau ini merupakan tempat pembuangan bagi narapidana dan tahanan politik.

Pemandangan di pantai Pulau TarutaoPemandangan di pantai Pulau Tarutao (dok. BBC Travel/Dave stamboulis)


Hal ini dilakukan karena sudah padatnya penjara di Thailand. lokasi ini dipilih menjadi lokasi pembuangan karena letaknya yang jauh di tengah laut, dan kecil kemungkinan tahanan bisa kabur.

Awalnya hanya dihuni oleh 500 tahanan, setiap tahunnya jumlah tahanan semakin bertambah hingga dihuni sampai ratusan ribu tahanan. Mereka tinggal di pondok-pondok kayu dan tersebar di hutan.

Dilansir detikTravel dari BBC dan situs resmi Taman Laut Nasional Thailand, Senin (22/5/2017) ketika Perang Dunia II pecah, Thailand diserbu oleh Jepang. Akibatnya dukungan dari daratan terhenti, hingga stok makanan dan obat-obatan terhenti ke Pulau Tarutao.

Cerita Kelam di Balik Keindahan Pulau Tarutao, ThailandHutan tropis di Pulau Tarutao (dok. BBC Travel/Dave stamboulis)


Para tahanan dan sipir bersatu untuk bertahan hidup dengan menyerang dan membajak kapal yang lewat terdapar atau singgah ke pulau tersebut. Sampai perang usai, hampir sepertiga dari tahanan mati karena malaria dan perang.

Pulau Tarutao merupakan salah satu di antara 51 pulau yang terletak di wilayah Taman Laut Nasional Tarutao, Provinsi Satun, Thailand. Beberapa spesies hewan yang bisa kita temukan di pulau ini seperti babi hutan, musang, kancil, ratusan jenis burung, dan beberapa ular berjenis kobra dan piton. Selain itu kita juga bisa menikmati keindahan pantai, hutan dan air terjun.

Akses menuju ke kawasan Pulau Tarutao gampang kok, bisa dengan speedboat atau sampan. Sekarang sudah banyak tur pariwisata yang memiliki destinasi ke sini. Traveler cukup menyediakan uang minimal THB 200 (Rp. 80.000) untuk bisa berkeliling di pulau ini. Jika menginap atau mau camping bisa juga kok. Tenda dan sleeping bag biasanya disediakan oleh jasa tur. (fay/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED