Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 07 Jun 2017 16:56 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Baru Unik, Desa Botol Plastik

The Bottle Village (Dok The Plastic Bottle Village)
Kanada - Biasanya bangunan di pedesaan identik dengan bahan-bahan dari alam. Ternyata di Kanada, ada desa yang rumah-rumahnya terbangun dari botol plastik.

Pernah traveler menghitung berapa botol plastik yang digunakan dalam sebulan? Rata-rata kita menggunakan botol plastik 15 buah selama sebulan. Berarti dalam satu tahun kita telah mengumpulkan sampah 1.800 botol plastik.

Sampah plastik merupakan sampah yang penguraiannya sangat lama, memakan waktu ratusan tahun. Hal ini tentu sangat mencemari lingkungan, bukan? Nah hal ini menjadi kekhawatiran bagi Robert Bezeau, seorang aktivis lingkungan dari Kanada. Dia lalu mendirikan sebuah desa dari botol plastik.

Desa ini dikenal dengan The Plastic Bottle Village yang dibangun di sebuah hutan di Pulau Colon Island, Bocas del Toro, Panama. Dengan luas wilayah 33,6 hektar. Teknik pembangunannya pun menggunakan konsep eco-building, yaitu pembangunan berkelanjutan dengan meminimalisir resiko terhadap lingkungan.

Konstruksi bangunan rumah di The Plastic Bottle VillageKonstruksi bangunan rumah di The Plastic Bottle Village Foto: (Dok The Plastic Bottle Village)
Dilihat detikTravel di situs resminya, Rabu (7/6/2017) selama tiga fase pembangunan, desa akan terdiri dari 120 rumah, serta butik kecil, pondok eko, yang terhubung dengan kebun buah, sayur, dan tanaman herbal. Desa ini dibangun dengan konsep ramah lingkungan, berdampingan dengan alam dan hutan hujan tropis. Selain itu desa akan membangun tempat latihan yoga, jalur hiking, taman mini untuk barbeque dan halaman rumah.

Desa ini dibangun di tempat aman dan nyaman yang berada di puncak bukit . Terdapat lembah kecil yang di bawahnya mengalir sungai kecil. Dan juga banyak terdapat ragam flora dan fauna yang bisa dijelajahi.

Apakah bangunan rumah keseluruhan dari plastik? Untuk konstruksi awal bangunan rumah terbuat dari beton, yang nantinya dinding rumah akan memanfaatkan botol plastik yang telah disekat. Gaya bangunan rumahpun dibuat secara modern, bergaya dan berkualitas.

Rumah botol plastik ini juga hemat energi, kita tidak perlu menggunakan AC. Karena konstruksi rumah membuat suhu di dalamnya menjadi sejuk. Rumah juga anti gempa dan bencana tsunami. Mengingat bumi kita sebagian besar adalah air, bila terjadi tsunami bangunan bisa mengapung dan bisa menjadi tempat aman untuk berlindung. Keren!

Bentuk ruangan rumah di The Plastic Bottle VillageCara membangun tembok rumah di The Plastic Bottle Village Foto: (Dok The Plastic Bottle Village)
Bagaimana cara mengumpulkan botol untuk membangun rumah?

The Bottle Village mengumpulkan botol dengan menggunakan sistem barter. Botol yang diserahkan pengunjung nanti akan ditukar dengan bahan makanan seperti garam, gula, gandum, minyak goreng dan makanan kering lainnya yang tidak mudah rusak. Dengan adanya sistem barter seperti ini, juga diharapkan membantu keluarga yang tidak mampu di Panama.

Sistem ini juga diharapkan mendidik masyarakat untuk peduli lingkungan, dan juga mereka bisa mendapatkan makanan dan uang dengan berburu plastik.

The Bottle Village memberi kesempatan bagi traveler yang ingin ikut terlibat dalam pengembangan desa botol lho. Mereka juga mengharapkan sponsor seperti perusahan-perusahaan minuman untuk memperhatikan kegiatan mereka ini. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung kunjungi websitenya.

Bentuk ruangan rumah di The Plastic Bottle VillageBentuk ruangan rumah di The Plastic Bottle Village Foto: (Dok The Plastic Bottle Village)
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA