Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Jun 2017 08:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Yuk! Intip Tempat Syuting Doctor Strange di Nepal

Syanti Mustika
detikTravel
Kuil Pashupatinath, tempat syuting Doctor Strange (welcomenepal.com)
Kuil Pashupatinath, tempat syuting Doctor Strange (welcomenepal.com)
Kathmandu - Penggemar film Marvel Studios pasti tahu Doctor Strange. Salah satu lokasi syutingnya ada di kuil terbesar di Nepal lho.

Film yang rilis akhir tahun 2016 ini menceritakan tentang Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) seorang dokter bedah yang mengalami kecelakaan. Kemudian dia datang ke Nepal untuk menyembuhkan tangannya dan bertemulah dia dengan Ancient One, seorang guru spritualnya. Akhirnya Strange menjadi pahlawan super.

Salah satu lokasi syuting dari film ini adalah Kuil Pashupatinath, yang terdapat di Lembah Khatmandu, Ibu Kota Nepal. Kuil ini merupakan satu dari delapan situs budaya UNESCO di Lembah Kathmandu. Kuil Pashupatinath juga salah satu empat situs religi umat Hindu yang penting di Asia lho!

Dilihat detikTravel pada situs resmi pariwisata Nepal, Senin (11/6/2017) Kuil ini terletak di tepi Sungai Bagmati, sekitar 3 km dari pusat Kota Khatmandu. Kuil ini bukanlah museum yang hanya bisa dipandangi seperti situs religi pada umumnya. Tetapi kuil ini selain menjadi objek wisata, juga menjadi tempat beribadah bagi pemuja Dewa Siwa.

Pendeta sedang memimpin ritual Pashupatinath Bagmati Aarati (welcomenepal.com)Pendeta sedang memimpin ritual Pashupatinath Bagmati Aarati (welcomenepal.com)


Komplek kuil terbesar di Nepal ini, setiap hari memiliki ritual harian yang bisa traveler lihat. Pintu gerbang terbuka untuk pengunjung dari pukul 04.00 pagi. Pengunjung bisa melihat patung-patung dewa dibersihkan dan ritual dari agama Hindu.

Terdapat ratusan patung di dalam kuil lho! Patungnya pun beragam, ada yang terbuat dari batu, logam, dan kayu.

Ketika memasuki gerbang, traveler akan melihat pintu kayu yang diukir sedemikian indah, sehingga enak dipandang mata. Setelah itu traveler bisa melihat beberapa kuil besar yang tersebar daerah seluas 246 hektar. Wow!

BACA JUGA: Mau Lihat Palu Thor, Kostum Iron Man atau Motor Captain America?

Bentuk kuil di sini pun beragam, ada yang seperti pagoda, memiliki kubah, dan kuil yang tersusun dari batu bata. Terdapat beberapa kuil di sini, antara lain Kuil Bhuwaneshwori, Dakshinamurti, Tamreshwor, Panchdewal, Bishwarupa, dan lain-lain.

Nah, ada cerita menarik nih traveler di Kuil Kali, yang terletak di tepian Sungai Bagmati. Konon katanya jika patung yang terdapat di kuil menghilang dari tempatnya, dunia akan akan berakhir, alias kiamat!

BACA JUGA: Perempuan Ini Naik ke Puncak Everest 2 Kali... Dalam Waktu 5 Hari!

Ritual yang tidak boleh traveler lewatkan jika datang ke kuil adalah Pashupatinath Bagmati Aarati, yaitu ritual mandi suci untuk membersihkan dosa-dosa. Para pendeta Hindu nantinya akan bergerak melingkar dengan memegang lampu minyak sambil menyanyikan lagu-lagu yang berisi pujian kepada Tuhan. Ritual ini biasanya dimulai dari jam 6 sore.

Selain melihat Kuil Pashupatinath, banyak tempat menarik di Nepal yang bisa traveler jelajahi lho! untuk informasi lengkap, bisa di lihat di situs pariwisata Nepal. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA