Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Jun 2017 16:13 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ayam Al Baik dan Aneka Tempat Makan Enak di Makkah

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Gerai ayam goreng Al Baik dekat Masjidil Haram (Fitraya/detikTravel)
Gerai ayam goreng Al Baik dekat Masjidil Haram (Fitraya/detikTravel)

FOKUS BERITA

Rindu Tanah Suci
Makkah - Kelaparan di sela ibadah umroh di Makkah, Arab Saudi? Ada food court dengan aneka pilihan kuliner dari ayam Al Baik sampai aneka kuliner Timur Tengah.

Aneka gerai kuliner di bawah Zamzam Tower dan Makkah Hilton Tower, para jamaah haji dan umroh pasti sudah tahu. Tapi spot kuliner di depan Masjidil Haram ini mungkin kurang nyaman karena konsep makannya grab and go. Tidak ada kursi dan mejanya.

BACA JUGA: Harus Tahu! Aneka Resto Indonesia di Arab Saudi

Kalau mau makan enak dan nyaman, lebih baik melipir ke Mall Souq Jabal Omar. Selurusan pintu 79 Masjidil Haram ke arah Jalan Ibrahim Al Khalil terus belok kanan. Kalau bingung, tanya saja Hotel Hilton Suites Makkah, karena hotel ini ada di dalam malnya.

Food court ini ada di lantai paling atas. Isinya jejeran restoran yang menggugah selera. Favorit makan jamaah Indonesia tidak lain dan tidak bukan adalah ayam Al Baik yang sekarang banyak ditiru baik logo ayamnya atau warna merah plang namanya.

Antrean perempuan yang mau makan ayam Al Baik (Fitraya/detikTravel)Antrean perempuan yang mau makan ayam Al Baik (Fitraya/detikTravel)


Al Baik adalah ayam goreng tepung dengan french fries. Menu andalannya adalah paket 4 ayam, cocok dimakan berdua untuk perut Indonesia. Entah kenapa Al Baik cabang Jabal Omar tidak menjual paket ini, melainkan paket nugget seharga SR 9 (Rp 32 ribu).

Namun itu tidak mengurangi animo orang membelinya. Yang antre banyak, jadi sabar-sabar ya kalau mau makan. Oh iya, biasanya antrean laki-laki dan perempuan dipisah, jadi jangan salah antre ya.

Gerai-gerai lain juga banyak kok, dan jamaah Indonesia relatif agak jarang mendatanginya, kecuali memang doyan makan makanan Timur Tengah. Ayam mirip Al Baik dijual saingannya Broast World dengan paket 4 ayam, kentang dan roti burger seharga SR 15 (Rp 53 ribu). Selain itu ada Hardee's dengan burger besar ala Amerika.

Untuk menu Timur Tengah ada Ojen Restaurant dengan nasi briyani atau kabsah. Makan enak juga dimiliki Al Tazaj dengan menu ayam BBQ, broast chicken mirip Al Baik, nasi kabsah ayam, nasi mandi ayam, ayam tikka ala India, nasi dan daging kebab.

Pembeli yang mau makan ayam Al Tazaj (Fitraya/detikTravel)Pembeli yang mau makan ayam Al Tazaj (Fitraya/detikTravel)


Retaj Restaurant juga punya aneka nasi khas Timur Tengah dan ayam goreng porsi besar. Yang lebih khas Arab Saudi ada Shawarmat, aneka daging dengan gulungan roti Arab. Untuk pencuci mulut ada es krim Baskin Robbins yang tentu traveler umroh asal Indonesia sudah tahu es krim ini.

Harga standar makan di sini adalah SR 10-15 (Rp 35 ribu-53 ribu). Tapi porsinya besar dan bisa dimakan berdua. Perut kenyang, kita pun bisa kembali ke Masjidil Haram untuk beribadah. (fay/msl)

FOKUS BERITA

Rindu Tanah Suci
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kemilau Kuil Emas di Jepang

Senin, 25 Sep 2017 22:50 WIB

Liburan ke Jepang, traveler harus menyambangi Kota Kyoto. Di kota ini, kamu bisa melihat kemilau kuil Kinkakuji yang berlapiskan emas. Indah tak ada duanya.