Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Jun 2017 19:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Oleh-oleh Khusus Pria Dewasa dari Arab Saudi

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: Suasana pasar di Madinah (Fitraya/detikTravel)
Foto: Suasana pasar di Madinah (Fitraya/detikTravel)

FOKUS BERITA

Rindu Tanah Suci
Makkah - Pergi umroh ke Tanah Suci, tentu tak lengkap tanpa beli oleh-oleh. Khusus bagi traveler dewasa, ada lho oleh-oleh untuk pria dewasa yang khas Arab Saudi.

Rupanya selain barang-barang yang lazim sebagai oleh-oleh, seperti sajadah, peci, tasbih, parfum, cokelat, kurma dan mukena, rupanya ada satu oleh-oleh lagi yang sering dibawa orang Indonesia sepulang dari Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umroh atau haji.

Namun oleh-oleh ini kerap tersembunyi dan tidak kita ketahui. Apalagi kalau bukan obat kuat Hajar Jahanam. Konon, obat kuat ini oleh-oleh yang paling dicari oleh jamaah dari Indonesia, terutama bagi pria dewasa. Sekali pakai obat ini, konon bisa kuat di atas ranjang sampai berjam-jam.

Biasanya oleh-oleh obat kuat Hajar Jahanam ini diminta oleh para kerabat laki-laki dari Indonesia, atau ada rekan kerja yang juga menitip untuk membelikan oleh-oleh tidak biasa ini. Bentuk dari obat kuat pria dewasa tersebut konon ada berbagai macam.

BACA JUGA: Berjuang Cari Oleh-oleh Obat Kuat Hajar Jahanam di Arab Saudi

Dirangkum detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (15/6/2017), ada yang bilang bentuk asli Hajar Jahanam ini berupa batuan. Namun ada pula yang sudah menjualnya dalam bentuk spray, oles, bahkan roll on. Jenis-jenis yang ini, katanya merupakan bentuk turunan dari Hajar Jahanam batuan tadi.

Soal asal-usulnya sendiri, masih simpang siur. Dari beberapa sumber yang ditelusuri detikTravel, ada yang menyebut Hajar Jahanam ini merupakan ramuan tradisional Mesir yang berbentuk batuan. Tetapi ada pula yang menyebut Hajar Jahanam berasal dari getah tumbuhan yang hanya tumbuh di Mesir dan India.

Nah, untuk mencari oleh-oleh Hajar Jahanam itu dibutuhkan perjuangan. Traveler harus keluar-masuk toko oleh-oleh untuk bertanya langsung kepada si penjual, apakah di tokonya tersedia Hajar Jahanam atau tidak. Terkadang, pembimbing ibadah alias Muthowif juga suka berjualan Hajar Jahanam, atau bisa membantu mencarikannya.

Oleh-oleh Hajar Jahanam ini biasanya dipasarkan dalam plastik-plastik kecil dengan harga sekitar 5 sampai 25 riyal (Rp 18.000-88.000) per bungkus, tergantung beratnya.

Kalau traveler penasaran akan obat kuat Hajar Jahanam ini, dapat mencarinya di Pasar Balad, Jeddah. Sementara kalau di Makkah, traveler bisa coba mencarinya di sekitar Zam-zam Tower. Siapa tahu bisa membawa pulang Hajar Jahanam sebagai oleh-oleh pria dewasa. (rdy/fay)

FOKUS BERITA

Rindu Tanah Suci
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED