Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Sep 2017 12:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tak Disangka, Ada Tempat Seindah Ini di Madinah

Triono Wahyu S
Redaksi Travel
Foto: Stasiun kereta api (KA) dan jalur KA Hijaz di Madinah (Triono/detikTravel)
Foto: Stasiun kereta api (KA) dan jalur KA Hijaz di Madinah (Triono/detikTravel)
Madinah - Tahukah traveler jika ada peninggalan sejarah yang menarik dan indah di Madinah. Inilah Stasiun kereta api (KA) dan jalur KA Hijaz namanya. Seperti apa sih?

Jalur kereta api Hijaz membentang dari Damaskus (Suriah) - Amman (Yordania) hingga Madinah (Arab Saudi). Jarak kedua kota beda negara ini kira-kira 1.056 kilometer. Jalur KA Damaskus hingga Madinah merupakan bagian dari jalur Istanbul (Turki) - Haifa (Israel).

Berdasarkan beberapa literatur, pembangunan jalur KA Hijaz dimulai pada 1840 tapi baru direalisasikan pada tahun 1908 dan dioperasikan 4 tahun kemudian. Tujuan proyek ini adalah menyatukan wilayah dalam kekuasaan pemerintahan Usmaniyah (Turki) dan mempermudah pelayanan haji.

Tak Disangka, Ada Tempat Seindah Ini di MadinahFoto: (Triono/detikTravel)
Stasiun Madinah merupakan pemberhentian terakhir di Arab Saudi. Peninggalannya direstorasi, dijadikan museum, dan mulai dibuka pada tahun 2006. Jejak stasiun jelas terlihat. Ada rel, kereta yang terbuat dari kayu, hingga bangunan bekas stasiun.

Bukan hanya prototipe benda bersejarah atau benda yang direkondisi, museum dilengkapi dengan tempat kongkow. Mulai taman hingga tempat permainan anak.

Pada Kamis malam dan Jumat yang merupakan weekend bagi warga setempat, museum ini amatlah ramai tapi tak sampai penuh sesak. Kompleks museum cukup luas untuk berbagai kegiatan.

Masuk ke museum hanya dikenakan tiket 10 Riyal atau setara dengan Rp 35-40 ribu. Jika bersama rombongan harga tiket bisa murah bahkan separuh harga.

Tak Disangka, Ada Tempat Seindah Ini di MadinahFoto: (Triono/detikTravel)
Museum buka Sabtu hingga Kamis antara pukul 06.00 sampai 16.00 waktu Arab Saudi. Tutup satu jam untuk ibadah, kemudian buka lagi mulai pukul 17.00 hingga 22.00.

Waktu paling pas untuk berkunjung adalah sore atau malam. Apalagi di musim panas. Sore dan malam, suhu cukup bersahabat. Berkisar antara 35-40 celsius.

Jika sedang umrah atau berkunjung di Madinah, tak ada salahnya mampir ke museum tersebut. Untuk berfoto, banyak spot menarik. Pada malam hari, panorama lebih menarik karena pendaran warna kuning di sejumlah gedung dan taman. Jepret, jepret, jepret, cantik! (try/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Kota London dan Thames River

Jumat, 17 Nov 2017 23:35 WIB

Nama sungai ini memang selalu identik dengan London, Thames River. Selain cantik, di atas sungai ini para turis juga bisa berlayar melihat landmarknya London.