Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Sep 2017 07:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mau Naik Bus City Tour di Tengah Suhu 43 Derajat Celcius?

Triono Wahyu S
Redaksi Travel
Bus City Tour di Madinah (Triono/detikTravel)
Bus City Tour di Madinah (Triono/detikTravel)
Madinah - Bukan hanya jemaah haji dan umrah yang disasar, kini Madinah mulai membuka ruang untuk turis. Bus city tour pun disiapkan, meski suhu siang hari cukup panas.

Bus City Tour Madinah memiliki shelter atau halte yang terletak di dekat Masjid Nabawi, tepatnya searah dengan Jalang King Fahd. Halte ini menjadi tempat berangkat, pembelian tiket serta pusat informasi.

Bus yang dipakai adalah jenis double-decker dan mulai dioperasikan pada Juni 2017. Bagian bawah tertutup kaca, bagian atas dibuat terbuka sehingga turis leluasa menikmati panorama kota. Bus berlabel 'Citysightseeing' ini melintasi 11 situs bersejarah di antaranya Jabal Uhud, Masjid Qiblatain, Jalan Sultanah, hingga pusat perbelanjaan. Sekali jalan tarifnya 60 Riyal atau setara Rp 216 ribu.

Bus beroperasi selama 14 jam sehari, mulai dari pagi hingga malam hari. Cukup longgar bagi yang ingin menikmati beragam suasana.

Madinah beriklim padang pasir. Hanya ada dua musim di Kota Nabi ini: panas dan dingin. Cuacanya pun juga cukup ekstrem. Pada musim panas, suhu rata-rata di atas 40 derajat Celcius. Bahkan bisa mencapai 50 derajat Celcius. Sebaliknya pada musim dingin, suhu di bawah 15 derajat Celcius.

Musim panas terjadi pada bulan Maret hingga September. Sedangkan musim dingin pada September hingga Maret. Pada pergantian musim, kadang terjadi badai pasir.

Saat musim panas atau dingin pun busnya tetap mengantar turis (Triono/detikTravel)Saat musim panas atau dingin pun busnya tetap mengantar turis (Triono/detikTravel)

Di musim haji tahun ini, antara Juli hingga September, Madinah tengah panas-panasnya. Suhu di atas 40 derajat Celcius. Bahkan kadang mencapai 48 derajat Celcius. Tapi jika dirata-rata, suhunya berkisar 43-44 derajat Celcius.

Maka itu, tak banyak jemaah haji naik bus city tour. Apalagi jemaah haji Indonesia. Pagi hari suhu sudah 38 derajat Celcius. Lumayan terasa untuk orang tropis yang terbiasa dengan suhu antara 26-28 derajat Celcius.

Menurut mukimin (orang Indonesia yang lama tinggal di Saudi), suasana paling nyaman terjadi pada Januari-Februari. Suhu relatif bersahabat. Tapi jika ingin merasakan sensasi berbeda, silakan menikmati kapan saja. Boleh juga mencoba naik atap terbuka bus saat suhu di atas 40 derajat Celcius. mau coba?

Halte untuk nai bus city tour di Madinah (Triono/detikTravel)Halte untuk nai bus city tour di Madinah (Triono/detikTravel)
(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Kota London dan Thames River

Jumat, 17 Nov 2017 23:35 WIB

Nama sungai ini memang selalu identik dengan London, Thames River. Selain cantik, di atas sungai ini para turis juga bisa berlayar melihat landmarknya London.