Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Okt 2017 23:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Naga Api dan Lautan Dupa di Hong Kong

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: (Johanes Randy/detikTravel)
Foto: (Johanes Randy/detikTravel)
Hong Kong - Tepat malam ini Hong Kong merayakan Tai Hang Fire Dance atau tarian naga api. Seketika jalanan Hong Kong berubah jadi lautan dupa.

Setiap pertengahan musim gugur, masyarakat Tai Hang di Hong Kong merayakan Tai Hang Fire Dance sebagai wujud ucapan terima kasih pada leluhur dan sebagai pengingat akan tarian naga api yang menghilangkan epidemi penyakit ratusan tahun silam. Didukung oleh Hong Kong Tourism Board (HKTB), malam ini, Selasa (3/10/2017) detikTravel berkesempatan melihat kemeriahan Tai Hang Fire Dance secara langsung bersama Wian indrawan dan Mega Anjasmoro, d'Traveler yang beruntung jalan-jalan gratis ke Hong Kong.

Tepat sekitar pukul 18.50 waktu Hong Kong, iring-iringan kepala naga Tai Hang Fire Dance mulai berjalan dari gedung serbaguna Tai Hang. Dari gedung serbaguna, iringan naga pun meluncur ke kuil Lin Fa Kung yang berjarak tidak jauh. Kurang lebih satu jam, sang naga berdiam dahulu di kuil untuk meminta berkat.

(Johanes Randy/detikTravel)(Johanes Randy/detikTravel)


"Naga itu mampir ke kuil ini untuk didoakan lebih dulu," ujar pemandu detikTravel, Carolus Chui.

Dari Kuil Lin Fa Kung, naga itu menuju area start yang berada tidak jauh dari venue acara. Sambil menunggu, kata sambutan dan acara foto bareng dilakukan oleh panitia acara. Tidak jauh dari lokasi, sejumlah penampil dalam pakaian seragam putih tampak sibuk menyiapkan ratusan dupa yang telah dipersiapkan. Dupa yang sudah dibakar itu pun ditancapkan pada kepala dan badan naga. Tak terasa, asap dupa membuat mata ini berair.

Setelah kata pembuka diucapkan, sang naga yang telah 'membara' mulai berjalan. Dipegang oleh sekitar 300 orang secara bergantian, asap dupa sang naga pun langsung menutupi jalanan Tai Han yang jadi venue acara. Wisatawan dan masyarakat pun langsung menyemut di tepi jalan yang sudah diberi pembatas besi oleh polisi. Beruntung, detikTravel diundang oleh HKTB dan mendapat bangku duduk di bagian depan yang langsung menghadap sang naga.

Melihat sang naga secara dekat, tentunya membuat Wian dan Mega kagum. Bayangkan saja, bisa melihat langsung sang naga api dari dekat secara langsung.

Naga Api dan Lautan Dupa di Hong Kong(Johanes Randy/detikTravel)


"Seru sih karena walau di Indonesia mungkin ada yang kayak dragon dance, tapi di sini kan pakai dupa. Walau kelihatan berbahaya tapi menurut gue well organized, terus petugasnya siap dan aman," ujar Mega.

"Keren! Seru! Wajib ditonton kalau ke Hong Kong," ujar Wian mantap.

detikTravel pun mengikuti perayaan Tai Hang Fire Dance sampai sekitar pukul 22.00 waktu setempat. Walau mata harus berair mata karena asap dupa, tapi Tai Hang Fire Dance menyisakan kisah seru yang tidak boleh dilewatkan oleh traveler. Tentunya ini jadi atraksi wajib yang harus ditonton jika berkunjung ke Hong Kong. Masih ada 3 hari lagi loh! (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: 5 Negara Penuh Petualangan

Jumat, 20 Okt 2017 09:25 WIB

Menurut BBC, 5 negara ini jadi tempat yang tepat bagi petualang. Makanan yang unik, destinasi cantik dan pesta semalam suntuk bisa kamu temukan!