Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Okt 2017 17:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Destinasi Mengerikan Tapi Cantik Peninggalan Soviet

Masaul K Ahmad
detikTravel
Kota Pripyat, Ukraina bak kota hantu imbas kebocoran nuklir (Dok. CNN Travel/David de Rueda)
Pripyat - Rusia memiliki situs-situs mengerikan sekaligus cantik peninggalan Uni Soviet. Salah satunya bekas bencana nuklir terburuk abad ke-20.

Fotografer David de Rueda menghabiskan enam minggu untuk mendokumentasikannya. Dilansir dari CNN Travel, Senin (23/10/2017), situs-situs yang ditinggalkan itu dari tempat pemakaman kereta api di Hungaria, ke ruang kongres es di Bulgaria, hingga menara pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di Ukraina.

Ledakan PLTN Chernobyl pada tahun 1986 memang paling mengerikan dan memaksa lebih dari 50 ribu penduduk. Mereka melarikan diri dari kota terdekat, yakni Pripyat dan dari situ pula De Rueda memulai petualangannya.

Diceritakannya, selama empat hari di Kota Pripyat merasakan keadaan yang benar-benar sepi dan pengalaman yang tak terlupakan. Musim dinginnya semakin menyeramkan dengan kesunyian yang ada, seperti tidak ada suara burung dan suara familiar lain yang biasa didengar.

Destinasi Mengerikan Tapi Cantik Peninggalan SovietBianglala yang terbengkalai di Kota Pripyat (Dok. CNN Travel/David de Rueda)


De Rueda juga merasa khawatir jika nantinya terpapar radiasi. Namun, radioaktif di Pripyat relatif rendah, jadi tidak masalah menghabiskan waktu di sana. Tentunya ia tidak pergi ke daerah dengan radiasi yang tinggi.

Destinasi Mengerikan Tapi Cantik Peninggalan SovietPrototipe pesawat luar angkasa Soviet di gurun Kazakhstan (Dok. davidderueda/Twitter)


Walau keadaan di sana mencekam, De Rueda menyukai suasana Pripyat di malam hari. Ia amat menyukai saat benar-benar gelap karena memungkinkan untuk membuat pencahayaan sendiri, dengan senter hingga tidak ada batasan kreativitas.

Ia menggambarkan Pripyat seperti sesuatu dari dunia lain yang nampak tidak nyata. Kota hantu saat turun salju terlihat jauh lebih suram dan tidak nyata.

De Rueda memiliki pengalaman favorit, yakni melihat prototipe pesawat luar angkasa Soviet di gurun Kazakhstan. Hangar besar yang ditinggalkan itu terletak di Baikonur Cosmodrome, yang masih digunakan untuk meluncurkan roket Soyuz hari ini. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA