Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Des 2017 12:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Jelajah Kota Kolonial Pertama dan Terbesar Kedua di India

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Suasana kota tua Kolkata, India (Masaul/detikTravel)
Foto: Suasana kota tua Kolkata, India (Masaul/detikTravel)
Kolkata - Kolkata menjadi kota kolonial pertama Inggris saat menjajah India. Tiap sudutnya menyimpan keunikan selain menjadi kota terbesar kedua negara itu.

Minggu lalu, detikTravel bersama AirAsia menjelajah Kota Kolkata dalam event petualangan Dream Destination #BikinJadiNyata 2017. Kawasan yang dimaksud adalah kawasan kota tua Kolkata. Ada apa saja sih, berikut penjelasan singkat dari tur guide kami, Mr Kris.

St John Church menjadi destinasi pertama sekaligus tempat memarkirkan mobil. Inilah gereja anglikan pertama di Kolkata. Bentuk bangunannya memang sudah amat tua, traveler pun dapat mengambil gambar di luar hingga ke dalam bangunan ini.

Setelah dari St. John Church kami berjalan kaki mengitari kompleks kota tua Kolkata. Melewati bangunan-bangunan bersejarah berarsitektur yang kental dengan warna merah pasti membuat traveler tak henti untuk memotret tiap sudut juga momen yang dianggap tepat.

St. John Church Kolkata (Masaul/detikTravel)St. John Church Kolkata (Masaul/detikTravel)


Tujuan selanjutnya adalah bangunan Supreme Court atau Mahkamah Agung pertama di India. Namun saat ini sudah dialihgunakan menjadi High Court Kolkata atau pengadilan tinggi. Bangunan ini memang khas dengan bagian atas terdapat kubah yang diadaptasi dari kastil yang ada di Belgia.

Selanjutnya, kami masih menyusuri gedung-gedung tua di sana. Gayanya seperti percampuran antara arsitektur Italia dan Yunani, yakni Town Hall Kolkata alias balaikota.

Di seberang jalannya ada bangunan Raj Bhavan, yakni gedung berkantornya Gubernur West Bengal. Namun sayang, bangunan yang dikelilingi taman yang luas ini tertutup untuk umum.

Tidak hanya sampai di situ, perjalanan kaki kami menuju perpustakaan pertama di India. Di bagian depan bangunan bergaya kuil-kuil Yunani ini bertuliskan Metcalfe Hall yang dibikin pada tahun 1840-1844.

Sayangnya gedung ini belum digunakan lagi. Saat kami datang masih dalam tahap renovasi dan pintunya pun tertutup.

Gedung perpustakaan tertua di India (Masaul/detikTravel)Gedung perpustakaan tertua di India (Masaul/detikTravel)


Mengakhiri perjalanan di kota tua Kolkata, kami mengunjungi Kantor Pos Kolkata yang legendaris. Dibuat pada tahun 1864, hingga saat ini pun masih digunakan sesuai fungsi awalnya.

Kota Kolkata memang menyimpan keunikan tersendiri. Saat traveler menjelajah kota ini juga bagian lainnya akan melihat sudut-sudut yang instragamable.

Kalau traveler nggak percaya, ikuti cerita Dream Destination #BikinJadiNyata 2017 di artikel-artikel selanjutnya ya!

Kantor Pos tertua di India (Masaul/detikTravel)Kantor Pos tertua di India (Masaul/detikTravel)
(msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED