Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Jan 2018 16:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Megahnya Katedral Milan yang Dibangun Selama 600 Tahun

Erwin Dariyanto
detikTravel
Foto: Erwin/detikTravel
Foto: Erwin/detikTravel
Milan - Milan, Kota Fashion dari Italia. Tidak melulu wisata belanja, di sana kamu juga bisa melihat Katedral Milan (Duomo) yang pembangunannya sampai 600 tahun!

Dikutip dari situs duomomilano.it, katedral ini dibangun sejak tahun 1387 dengan arsitek pertama Simone da Orsenigo. Pembangunannya terus berlanjut hingga sekarang. Arsitek terakhir tercatat adalah Benigno Morlin Visconti Castiglione tahun 1988.

Katedral ini memiliki atap berujung lancip-lancip, ciri khas arsitektur gotik. Bahkan, pembangunannya pun mencapai 600 tahun, dengan puluhan arsitek terlibat dalam pembangunan gereja yang materialnya terbuat dari marmer putih ini.

Megahnya Katedral Milan yang Dibangun Selama 600 TahunFoto: Erwin/detikTravel


Saat detikTravel berkunjung ke Katedral Milano pada beberapa waktu lalu, masih tampak pengerjaan beberapa bagian gereja. Salah satu hal yang unik dari gereja ini adalah adanya ratusan patung terbuat dari marmer putih yang diukir dengan detail dan rapi. Patung-patung itu menempel di dinding-dinding Katedral.

Marmer-marmer itu didatangkan dari Candoglia, suatu desa di Italia. Pintu utama Katedral ini terbuat dari tembaga setinggi 10 meter. Terdapat sebuah ukiran tentang cerita perjalanan hidup Yesus dari lahir hingga penyaliban di bagian pintu ini. Patungnya diukir dengan halus dengan detail anatomi manusia yang sempurna.

Awalnya, katedral ini adalah gagasan dari Uskup Agung Antonio da Saluzzo pada tahun 1386 yang berencana ini membuat katedral baru di lokasi Basilica Santa Maggiore. Setahun kemudian, Lord of Milan, Gian Galeazzo Viconti mendirikan Veneranda Fabrica del Duomo, organisasi yang bertanggung jawab terhadap pembangunan katedral mulai dari desain, pembangunan hingga konservasi.

Viconti pula yang memutuskan bahwa Katedral ini mesti dibangun seluruhnya dengan marmer putih dari Desa Condoglia. SDM terbaik pun didatangkan dari seluruh Eropa tengah, mencakup arsitek, pematung hingga kuli.

Megahnya Katedral Milan yang Dibangun Selama 600 TahunFoto: Erwin/detikTravel


Duomo memiliki panjang 158 meter dan lebar 66 meter. Diperkirakan Katedral ini mampu menampung sekitar 40.000 orang dalam sekali misa.

Ada kurang lebih 135 puncak menara, 3.400 patung plus 700 ukiran relief di seluruh katedral ini. Patungnya beraneka macam kisah dari Alkitab, mulai dari orang suci, martir penebusan dosa melalui salib hingga patung yang letaknya paling tinggi, adalah Madonnina. Madonnina adalah sebutan untuk Bunda Maria di kalangan Katolik Roma dan Kristen Ortodoks. Di Katedral ini Madoninna diletakkan di bagian menara runcing tertinggi, salah satu menara runcing dari 135.

Untuk masuk ke dalam kaedral ini pengunjung harus mengeluarkan biaya 4 Euro – 15 Euro (Rp 64-240 ribu). Namun jika tak cukup waktu, pengunjung bisa menikmati keindahan Katedral dari luar sembari duduk di tangga masuk di depannya dan melihat ratusan pengunjung bercengkrama dengan merpati-merpati. (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED