Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Feb 2018 21:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Cerita Jembatan Akar Hidup di India yang Ditinggalkan

Bona
Redaksi Travel
Foto: (Thinkstock)
Foto: (Thinkstock)
Meghalaya - Suatu negara bagian di India punya tradisi unik, bikin jembatan dari akar pohon hidup. Memilih untuk modern, pembuatan jembatan ini ditinggalkan masyarakat.

Diintip detikTravel dari BBC, Sabtu (10/2/2018) Meghalaya merupakan negara bagian dari India. Berbatasan dengan Banglades, Meghalaya punya hutan paling basah di bumi.

Hujan yang berlebihan membuat para penduduknya, suku Khasi seringkali terkena banjir dan angin musim. Untuk itulah dibangun sebuah jembatan yang kuat.

Awalnya, Suku Khasi membangun jembatan dengan bambu. Namun, struktur bambu tidak dapat menahan angin musim. Begitu hujan deras datang, jembatan bambu yang berada di sungai langsung busuk dan patah.

Akhirnya pada 180 tahun lalu, para tetua suku Khasi mencoba untuk membangun jembatan dengan cara yang berbeda. Solusinya mereka temukan dalam akar pohon karet.

Akar pohon ini dieratkan dengan tongkat sampai tumbuh dengan panjang. Setelah dirasa cukup panjang, akar pohon ini rajut sampai mencapai seberang sungai. Setelah dibuat kerangkanya, akar pohon ini tetap di rawat sampai dirasa mampu untuk menahan bobot manusia.

Untuk bisa kuat, akar pohon harus dirawat sekitar 15-20 tahun. Semakin lama umurnya, jembatan ini justru akan semakin kuat. Jembatan akar paling kuat berusia ratusan tahun lho!

Salah satunya adalah jembatan akar double decker. Di sebut demikian karena jembatan ini memiliki 2 jalan. Yang agak ke atas pohon, yang lainnya tepat dibawah. Mirip bus double decker.

Sayangnya, dalam 25 tahun terakhir, praktik pembangunan jembatan hidup ini makin sekarat. Suku Khasi tidak lagi merajut akar pohon sebagai jembatan. Gantinya, mereka menggunakan tali baja dan metode konstruksi yang modern.

Sehingga, jembatan ini bisa dibilang tradisi yang hampir punah. Semoga jembatan akar pohon ini tetap kuat ya!

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED