Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Feb 2018 17:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mencicipi Dumplingnya Turki

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: Manti, kuliner khas Turki (Kurnia/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Istanbul - Turki memiliki ragam makanan khas yang wajib traveler cicipi saat liburan ke sana. Salah satunya Manti, dumpling ala Turki.

detikTravel berkunjung ke Istanbul, Turki beberapa waktu lalu bersama rombongan dalam Media Trip Turkish Airlines. Selain mengunjungi berbagai destinasi wisata, kami juga mencicipi aneka kuliner khas setempat.

Kami sempat diajak merasakan bersantap siang di rumah warga Istanbul di kawasan Kurucesme, Besiktas, Istanbul. Wah, jarang-jarang nih bisa bersantap masakan rumahan warga setempat. Siang itu, pemilik rumah yang bernama Ozlem Batal menyambut kami. Ia bersama ibunya telah memasak masakan khas Turki untuk dinikmati bersama.

Mulai dari Coban Salatasi yang berupa salad sayur, roti, sup yang campurannya termasuk yoghurt, garam, lentil, buncis juga buah bit, hingga manti. Nah Manti ini bisa dibilang sebagai dumpling khas Turki.

Manti yang siap direbus (Kurnia/detikTravel)Manti yang siap direbus (Kurnia/detikTravel)
Manti bentuknya memang mirip dumpling tapi ukurannya lebih kecil. Ini terbuat dari tepung yang menjadi kulit luarnya yang tipis, kemudian diisi dengan olahan daging, seperti campuran daging domba atau sapi dengan bawang bombay, garam dan bumbu lainnya.

"Semua makanan Turki pakai bawang bombay, karena rasanya bisa lebih enak," ujar Ozlem.

BACA JUGA: Ini Lho Pizza ala Turki

Kami duduk bersama di ruang makan. Ozlem pun menyajikan Manti yang baru saja matang setelah direbus. Nah manti ditaruh di piring, kemudian dicampur yoghurt dan saus pedas.

Ini pertama kalinya saya merasakan dumpling yang dicampur yoghurt. Saya kira bakalan seperti apa rasanya, ternyata setelah dicicipi enak juga lho. Perpaduan rasa manti, yoghurt dan sausnya nikmat mengisi perut siang itu. Rasa yoghurtnya tak terlalu mencolok dan berbaur dengan saus yang menurut saya kurang pedas.

(Kurnia/detikTravel)Manti yang dicampur yoghurt dan saus pedas (Kurnia/detikTravel)
Setelah menikmati manti, tiba saatnya mencicipi makanan penutup. Kali itu, Ozlem membuat dessert Sekerpare. Teksturnya seperti roti tapi lebih lembut dan manis sekali. Cocok sekali buat dinikmati bersama teh.

Selain Inggris, Turki juga punya budaya minum teh. Setiap selesai menikmati penutup biasanya ditemani dengan teh yang disajikan pakai teko bertumpuk khas Turki, dengan atau tanpa gula. Sesuai selera saja.

"Kami suka minum teh. Setiap saat menjadi waktu yang baik buat minum teh," tutur Ozlem.

Nah, buat traveler yang traveling ke Istanbul dan ingin mencicipi Manti, tak sulit kok. Banyak restoran yang memasukkan Manti dalam daftar menunya.

(Kurnia/detikTravel)Segelas teh (Kurnia/detikTravel)
(krn/fay)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA