Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Apr 2018 08:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Dia Tempat Salat di Bandara Hong Kong

Kanavino Ahmad Rizqo
detikTravel
Musala yang juga tempat ibadah semua agama di Bandara Hong Kong (Kanavino/detikTravel)
Musala yang juga tempat ibadah semua agama di Bandara Hong Kong (Kanavino/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Hong Kong - Jangan bingung mau salat dimana saat tiba di Bandara Internasional Hong Kong. Mereka punya tempat ibadah bagi semua umat agama dalam satu ruang yang sama.

Tempat salat di Bandara Hong Kong, berada di lantai dua Terminal I, tepatnya berada di dekat check in keberangkatan. Bagi traveler yang baru saja tiba di bandara, mereka bisa keluar setelah membawa barang bawaan di bagasi.

Setelah itu, penumpang keluar melalui pintu B dan naik ke lantai dua ke arah tempat check in keberangkatan. Tempat ibadah semua agama itu terletak di bagian ujung, dekat dengan toilet.

Ini Dia Tempat Salat di Bandara Hong KongPrayer room di Bandara Hong Kong (Kanavino/detikTravel)

Bagi yang hendak beribadah, mereka dapat langsung ke lokasi tersebut dan menemukan ruangan cukup kecil dengan penanda 'prayer room' di bagian kaca pintu depan. Di dalam ruangan itu terdapat sekat dan penanda kiblat untuk yang akan menunaikan salat.



detikTravel mampir ke tempat ini saat pergi ke Hong Kong atas undangan Hong Kong Tourism Board (HKTB). Tempat salat itu kurang lebih seluas 3x2 meter. Di samping tempat salat, disediakan juga tempat wudlu yang cukup kecil.


Ini Dia Tempat Salat di Bandara Hong KongTempat salat (Kanavino/detikTravel)


Selain itu, terdapat pula kursi yang berada di samping tempat salat. Itu digunakan untuk keperluan ibadah umat lain.

Saat detikTravel berkunjung pada Selasa (24/4/2018), tampak sejumlah orang dari berbagai negara menunaikan salat di lokasi tersebut. Mereka melaksanakan salat dengan khidmat.

Tempat ibadah itu buka dari mulai pukul 05.00 sampai 12.00 dini hari waktu setempat. Tak hanya itu, terpasang pula pengumuman yang menginformasikan bahwa ruangan itu merupakan tempat yang terbuka untuk digunakan beribadah semua agama.

"Hong Kong merupakan tujuan dan rumah bagi semua orang dari beragamnya kebangsaan, budaya dan agama. Tempat ibadah ini merupakan fasilitas yang buka setiap hari bagi orang-orang dari berbagai kepercayaan dan bangsa. Itu menyediakan ruangan di mana orang-orang bisa beribadah dan meditasi dengan khidmat dan damai," demikian pernyataan dari pihak bandara yang terpasang di ruangan itu.

Hong Kong memiliki penganut agama dan kepercayaan yang beragam. Di antaranya adalah Buddha, Katolik, Konfusianis, Islam, Protestan dan Taoisme.

Ini Dia Tempat Salat di Bandara Hong KongTempat untuk kepercayaan lainnya (Kanavino/detikTravel)


Pihak bandara juga mengimbau semua orang yang beribadah harus menghormati pelaksanaan ibadah yang dilakukan oleh penganut agama lain. Mereka diimbau untuk menjaga ruangan tersebut tetap kondusif.

Baca juga: Ini Alasan Wuling Ngotot Kenalkan Cortez 1.500 cc

"Saat menggunakan fasilitas ini untuk beribadah atau meditasi, pengguna harus menghargai penggunaan fasilitas itu oleh penganut agama lain. Dimohon untuk tetap menjaga fasilitas bersih dan rapi," tulis pihak bandara.

Nah jadi bagi para traveler yang akan salat di Bandara Hong Kong, tak perlu khawatir. Sebab, mereka bisa menunaikannya di tempat yang telah disediakan itu. (sna/fay)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA