Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Apr 2018 08:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Alun-alun Genghis Khan di Perbatasan China-Mongolia

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Genghis Khan Square di Kota Ordos, Inner Mongolia (Wahyu/detikTravel)
Genghis Khan Square di Kota Ordos, Inner Mongolia (Wahyu/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Ordos - Ayo menjelajah ke ujung utara China di kawasan Inner Mongolia. Ada jejak-jejak kebesaran Genghis Khan.

Kawasan Inner Mongolia (Mongolia Dalam), merupakan wilayah China yang berbatasan langsung dengan Mongolia. Di sini traveler bisa melihat jejak kebesaran Genghis Khan, kaisar terhebat yang pernah dimiliki Mongolia.

Salah satu lokasi yang bisa disambangi traveler adalah Genghis Khan Square di Kota Ordos, Distrik Kangbashi. Di sini traveler bisa melihat 5 patung perunggu raksasa yang menggambarkan kisah perjalanan hidup Genghis Khan.

Bersama dengan rombongan Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH), detikTravel berkesempatan mengunjungi Genghis Khan Square pada Sabtu (28/4/2018) lalu. Saat rombongan detikTravel datang, kawasan alun-alun ini relatif sepi pengunjung.

Alun-alun Genghis Khan di Perbatasan China-MongoliaPatung-patung perunggu raksasa (Wahyu/detikTravel)



Dari kejauhan, patung-patung berukuran raksasa yang terbuat dari perunggu ini sudah terlihat menyapa kedatangan kami. Masing-masing patung, memiliki kisahnya tersendiri.

5 Patung yang menggambarkan kisah hidup Genghis Khan ini dibuat oleh seorang pematung bernama He E. Karya ini dibuat untuk mengenang Hari Jadi yang ke-800 sejak kelahiran Genghis Khan.

Dimulai secara berurutan, patung pertama yang harus traveler lihat adalah patung dengan judul 'Proud Son of Heaven'. Patung ini menggambarkan saat-saat dimana Genghis Khan dilahirkan. Kelahiran Genghis Khan disambut dengan gegap gempita, seperti menyambut kelahiran 'Anak dari Surga'.

Alun-alun Genghis Khan di Perbatasan China-MongoliaPatung 'Proud Son of Heaven' (Wahyu/detikTravel)

Selanjutnya, ada patung berjudul 'Mothers of Grassland'. Patung ini menceritakan saat Ibunda Genghis Khan menyarankan agar putranya untuk menyatukan Mongolia yang terdiri dari berbagai suku.

Patung berikutnya begitu keren, menggambarkan Genghis Khan naik di atas kuda memimpin pasukan perang Mongolia untuk menaklukkan dunia. Patung ini bertajuk 'Renowned Throughout the World'.

Sesuai dengan judulnya, patung ini menggambarkan Genghis Khan beserta pasukan berkudanya yang berhasil menaklukkan Asia hingga Eropa. Ekspansi ini membuat nama Genghis Khan tercatat dalam sejarah.

Alun-alun Genghis Khan di Perbatasan China-MongoliaPatung 'Renowned Throughout the World' (Wahyu/detikTravel)

Kemudian, patung keempat berjudul 'All Rivers Run Into the Sea'. Patung ini menggambarkan Genghis Khan merekrut talenta-talenta terbaik untuk mendampinginya sebagai pemimpin negara.

Ada yang berperan sebagai penasihat spiritual, ada juga sebagai tabib kerajaan. Bahkan ada juga 2 pria bersorban yang diangkat Genghis Khan sebagai orang kepercayaannya.

Terakhir, ada 2 buah patung kuda yang dipercaya sebagai kuda tunggangannya Genghis Khan. Menurut pemandu kami Linda, konon katanya keturunan dari kuda Genghis Khan ini masih ada sampai sekarang.

"Genghis Khan suka dengan kuda berwarna putih. Kudanya paling besar, dan berlari paling kencang. Sampai sekarang keturunan kuda ini masih ada," jelas Linda.

Alun-alun Genghis Khan di Perbatasan China-MongoliaTraveler berfoto dengan baju khas Mongolia (Wahyu/detikTravel)

Terlepas dari cerita-cerita soal Genghis Khan yang belum terbukti kebenarannya, Genghis Khan Square ini menarik untuk dikunjungi. Di bagian sisi kanan-dan kiri alun-alun, ada kios yang menyediakan persewaan baju khas Mongolia.

Traveler bisa menyewa baju khas Mongolia ini, lengkap dengan topinya sebagai properti foto di depan patung Genghis Khan. Seru juga mencoba jadi orang Mongolia dengan baju khasnya. Mau coba? (wsw/fay)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED