Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Mei 2018 16:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Wisata Kuliner Muslim Hui di Jalur Sutra China

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Wisatawan membeli camilan halal di Changji (Fitraya/detikTravel)
Wisatawan membeli camilan halal di Changji (Fitraya/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Changji - Traveling ke Xinjiang, China, wisatawan bisa menikmati jejak peradaban Islam berupa wisata kuliner etnis muslim Hui. Di Changji, ada pusat wisata kuliner halal yang lezat.

Kota Changji adalah kota dengan sejarah Jalur Sutra dalam perjalanan menuju Kazakhstan. Kota ini berjarak 35 km sebelah utara Urumqi, ibukota Xinjiang Uygur Autonomous Region.

detikTravel menjelajah Changji pada Minggu, (6/5/2018) bersama State Council Information Office China dan Information Office Xinjiang Uygur Autonomous Region. Changji adalah kota dengan banyak etnis minoritas Muslim Hui.

Etnis Hui adalah bagian dari etnis Han yang beragama Islam. Sehingga secara fisik sama dengan orang China kebanyakan, namun peci putih menjadi ciri khas mereka.

 Suasana Hui Ethnic Snacks Street (Fitraya/detikTravel) Suasana Hui Ethnic Snacks Street (Fitraya/detikTravel) Foto: undefined

Changji terkenal dengan wisata kuliner etnis Hui yang dijamin halal. Tidak usah repot mencarinya, semua dikumpulkan di satu kawasan yang disebut Hui Zu Xuiao Chi Jie atau Hui Ethnic Snacks Street. Letaknya di sebelah People's Park, tinggal cek peta atau tanya warga.

Konsep kawasan kuliner ini berupa kota China zaman dahulu, ala film silat klasik. Ada gerbang kotanya dan ada dua jalanan pararel bebas kendaraan bermotor. Wah, rasanya seperti kembali ke masa silam. Dekorasi bunga menghias dinding bangunan di sini sebagai ciri arsitektur etnis Muslim Hui.

Hal ini rupanya untuk menghargai juga peristiwa sejarah pertemuan seorang pejabat dari Istana Kaisar bernama Lin Ze Xu pada abad ke-18 dengan umat muslim Hui di Changji. Ada patung Lin Ze Xu dijamu makanan oleh seorang muslim Hui. Makanya, makanan muslim Hui jadi terkenal banget enaknya.

Patung pejabat istana dijamu makanan halal etnis Hui (Fitraya/detikTravel)Patung pejabat istana dijamu makanan halal etnis Hui (Fitraya/detikTravel) Foto: undefined

Di tempat ini juga ada alun-alun tempat penampilan tarian dan nyanyian dari Huar Art Troupe. Juga ada menara Pagoda yang bisa dinaiki sampai puncak, untuk memberikan pemandangan 360 derajat.

Namanya juga snack street, pilihan makanannya banyak banget. Orang-orang mengantre toko-toko makanan favorit mereka. Ada aneka cakwe dan roti-roti kecil, harum manis, gerai kopi khas China juga ada. Yang jualan bumbu tradisioonal seperti cuka China pun ada.

Jangan lewatkan mencoba Ba Bao Tea, teh tradisional Hui dengan daun teh dan 7 daun dan bunga lainnya. Wangi dan legit rasanya!

Salah satu oalahn daging ayam yang lezat (Fitraya/detikTravel)Salah satu oalahn daging ayam yang lezat (Fitraya/detikTravel) Foto: undefined

Mau makanan berat ada aneka mie, olahan ayam, bebek, sapi, ikan dan jangan lewatkan makan kebab ya. Ini adalah potongan daging yang ditusuk batang besi dan penuh rempah. Wah, bikin ketagihan deh.

Tempat ini juga menyediakan beberapa toko suvenir untuk wisatawan yang mau membeli oleh-oleh. Banyak juga aneka dekorasi untuk foto-foto selfie seperti patung unta dan tentunya patung Lin Ze Xu yang sedang dijamu makan dan menyisakan bangku kosong buat turis ikut duduk di sana. Banyak yang suka foto pre wedding juga di sini.

Masuk ke kawasan Hui Ethnic Snacks Street gratis kok. Jadi pastikan tempat ini masuk dalam itinerary kamu jika bertualang menyusuri Jalur Sutra di Xinjiang, China.

 Sering jadi lokasi pre wedding (Fitraya/detikTravel) Sering jadi lokasi pre wedding (Fitraya/detikTravel) Foto: undefined
(fay/fay)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Wisata Pantai

Pantai Siung yang Menghipnosis

Sabtu, 20 Okt 2018 10:48 WIB

Nikmatilah ombak Pantai Siung di Gunungkidul. Berangkat dengan pikiran jenuh, pantai ini menghipnosis dengan suasana damai dan kita pulang dengan tenang.