Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Mei 2018 17:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Gerbang Utama Bintang 5 Menuju ke Negara Api Azerbaijan

Bandara Internasional Heydar Aliyev di Baku, Azerbaijan (Hany/detikTravel)
Bandara Internasional Heydar Aliyev di Baku, Azerbaijan (Hany/detikTravel)
Baku - Bandara adalah beranda dan kesan pertama sebuah negara, begitu pula di Azerbaijan. Tempat berjuluk Negeri Api ini punya bandara bintang 5.

Azerbaijan adalah negeri Muslim yang mungkin masih asing di telinga para traveler Indonesia. Terletak di tepi Danau Laut Kaspia, negara yang 71 tahun dikuasai Uni Soviet ini sudah merdeka pada 1991 dan diam-diam bersolek untuk mulai membuka dirinya pada dunia.

Salah satu hasil bersoleknya adalah Bandara Heydar Aliyev sebagai gerbang utama Azerbaijan. detikTravel tiba di bandara ini pada Minggu (27/5/2018) setelah menempuh 20 jam perjalanan dari Jakarta. Matahari yang hangat kontras dengan cuaca berangin dingin menusuk kulit menyambut ketibaan kami di Baku, ibukota Azerbaijan.

Gerbang Utama Bintang 5 Menuju ke Negara Api AzerbaijanTraveler keluar dari Bandara Heydar Aliyev (Hany/detikTravel)
Kesan pertama tiba di Bandara Heydar Aliyev, Baku, memang bandaranya tak semegah bandara lain di dunia. Kalah megah dengan Changi di Singapura atau Dubai di Uni Emirat Arab.

Kami tiba di Terminal 1, yang bentuk fasad bandaranya bergelombang, dengan dinding kaca semua. Meski bangunannya tak terlalu tinggi, tapi kesan futuristik, modern dan cozy tak ketinggalan. Selain Terminal 1 untuk internasional, bandara ini juga memiliki Terminal 2 untuk domestik.

"Bandaranya sih nggak besar ya, tapi sudah meraih bintang 5," demikian kata Konselor Kedubes Azerbaijan di Indonesia, Ruslan Nasibov saat kami masih berada di Jakarta.

Gerbang Utama Bintang 5 Menuju ke Negara Api AzerbaijanPredikat bintang 5 (Hany/detikTravel)
Bintang 5 yang dia maksudkan adalah penilaian pemeringkatan bandara yang dikeluarkan oleh Skytrax, konsultan pemeringkat bandara dan maskapai penerbangan terpercaya yang berbasis di Inggris. Pada Mei 2018 ini, Skytrax memang menempatkan Bandara Heydar Aliyev sebagai bandara bintang 5, bersama 8 bandara kelas dunia, antara lain Bandara Changi Singapura, Hong Kong, Bandara Hamad Qatar, Incheon Korsel, dan Haneda Tokyo.

"Dari Jakarta, Baku-Azerbaijan bisa dicapai dengan 4 alternatif penerbangan. Yakni via Istanbul, Doha, Abu Dhabi dan Dubai," demikian imbuh Nasibov.


detikTravel dan rombongan jurnalis lainnya menempuh sekitar nyaris 20 jam perjalanan dari Jakarta untuk mencapai Baku, via Istanbul-Turki dengan waktu transit 3 jam,

Nama bandara ini sendiri didedikasikan untuk founding father alias bapak bangsa Azerbaijan, Heydar Aliyev, presiden ketiga Azerbaijan yang menjabat dalam kurun waktu 1993-2003.

Gerbang Utama Bintang 5 Menuju ke Negara Api AzerbaijanTerminal 2 Bandara Heydar Aliyev (Hany/detikTravel)
Nah, selain bersolek pada sisi fisik bandara, Azerbaijan kini juga mulai mempermudah pemberian visa. Mereka memberikan visa on arrival alias visa yang diurus begitu tiba di Bandara Heydar Aliyev, Baku.

Dengan US$ 26 (sekitar Rp 369 ribu) untuk tarif sekali pengurusan visa on arrival, maka menjelajah negara api yang eksotis kini jadi lebih mudah. Mau tahu ada apa saja di Azerbaijan, tunggu cerita detikTravel selanjutnya! Sekarang kita tonton dulu video soal bandaranya:

(nwk/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Saat Gunung Fuji Dilanda Macet

Kamis, 16 Agu 2018 21:28 WIB

Kemacetan bisa muncul juga di Gunung Fuji, Jepang. Bedanya kalau Gunung Fuji, bukan dipenuhi antrean mobil dan motor, melainkan manusia.