Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Jun 2018 17:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sisa Kejayaan Masjid yang Dulunya Terbesar di Dunia

Bona
detikTravel
Masjid Agung Samarra (jonathanward7658/Instagram)
Masjid Agung Samarra (jonathanward7658/Instagram)
Samarra - Sebuah masjid di Irak pernah jadi yang terbesar di dunia, Great Mosque of Samarra. Sebagian hancur karena bom, masjid unik ini masih tetap mempesona.

Great Mosque of Samarra atau biasa disebut Masjid Agung Samarra terletak di Kota Samara di Irak. Masjid ini dibangun pada abad ke-9 seperti yang diintip oleh detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (5/6/2018).

Masjid unik ini dibangun oleh khalifah Abbasiyah Al-Mutawakkil. Uniknya masjid ini terletak pada minaretnya yang berbentuk spiral. Minaret ini diberi nama Malwiya.

Minaret ini memiliki tingga 180 kaki atau sekitar 54,86 meter. Dari sini akan terlihat pemandangan kota Samarra.

Untuk naik ke sini, traveler harus menguatkan otot kaki. Karena ratusan anak tangga harus ditempuh untuk sampai di puncak Malwiya.

Minaret Malwiya (luthfi_sagittarius_/Instagram)Minaret Malwiya (luthfi_sagittarius_/Instagram)

Namun seiringn berjalannya waktu, masjid ini perlahan-lahan hancur. Tepatnya pada abad ke-11, masjid ini tidak lagi digunakan.

Bangunan yang tersisa hanyalah tembok sisi masjid. Tanpa ada kubah megah atau atap. SUdah lebih dari 100 tahun, tak ada yang tahu sampai kapan Masjid Agung Samarra bisa bertahan

Ketika pasukan AS datang, masjid ini diambil alih dan Minaret Walwiya digunakan sebagai menara observasi. Masjid ini semakin hancur oleh serangan bom para pemberontak.

Melihat ke sejarahnya, Great Mosque of Samarra pernah menjadi masjid terbesar dunia. Kini yang tersisa hanyalah minaretnya yang menjulang tinggi.

Bangunan masjid yang tersisa (jonathanward7658/Instagram)Bangunan masjid yang tersisa (jonathanward7658/Instagram)
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED