Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Jun 2018 12:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Terowongan Rahasia Italia Disulap Jadi Galeri

Bona
detikTravel
Foto: Terowongan Bourbon (galleriaborbonica/Instagram)
Foto: Terowongan Bourbon (galleriaborbonica/Instagram)
Napoli - Berada 100 meter di bawah Kota Napoli, Italia terdapat sebuah terowongan rahasia. Jadi rute pelarian keluarga kerajaan dulunya, sekarang penuh dengan barang antik.

Bourbon Tunnel atau Il Tunnel Borbonico merupakan terowongan tua yang punya nuansa vintage. Situs ini dibangun atas perintah Raja Ferdinand II dari Bourbon, seperti yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (27/6/2018).

Pada masa pemeritahannya, rakyat di Sisilia dan Napoli sering kali berontak. Sehingga terowongan dibuat sebagai lorong dari istana kerajaan ke barak militer bagi keluarga kerajaan yang harus melarikan diri.

Digali dari batu vulkanik, terowongan ini terhubung dengan saluran air Carmigno di awal abad ke-17. Namun ketika terowongan ini hampir selesai, raja meninggal dan Bourbon Tunnel ditinggalkan begitu saja.

Terowongan Rahasia Italia Disulap Jadi GaleriIsi terowongan (galleriaborbonica/Instagram)

Selama perang, terowongan ini menjadi tempat persembunyian bagi rakyat Napoli. Ada sekitar 10.000 warga yang ditampung di sini pada waktu itu.

Setelah perang, Terowongan Bourbon menjadi tempat pembuangan puing-puing. Mulai dari patung dibuang ke terowongan ini. Sampai pada tahun 1970-an, terowongan ini kembali dilupakan.

Baru pada tahun 2000-an, Terowongan Bourbon kembali dipulihkan. Traveler bisa melihat ada banyak mobil dan motor vintage yang dibuang ke dalam sini. Kondisinya pun telah berdebu.

Kini dijadikan galeri, situs ini bernama Galleria Borbonica. Letaknya dekat dengan Naples Undergorund.

Terowongan Rahasia Italia Disulap Jadi Galeri
Mobil bekas yang dibuang (galleriaborbonica/Instagram)

Traveler yang penasaran dengan isi dalam terowongan ini, bisa ikut tur Galleria Borbonica. Tur ini buka pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Saat tur, traveler akan diperkenalkan dengan sejarah Napoli pada saat itu. Artefak berupa mainan anak-anak, masker gas, dan barang-barang pribadi seperti sikat rambut. Ada pula sisa-sisa blok toilet dan tempat tidur.

Yang tak kalah keren ada waduk Kota Napoli yang cantik. Di atas waduk ini seding diadakan pertunjukkan sirkus juga. Berada dekat dengan pusat Kota Napoli, traveler bisa ikut tur dan melihat langsung peninggalan kota ini sejak zaman perang. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED