Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Jul 2018 19:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Gereja Unik di Ethiopia: Jemaatnya Bersorban & Berkerudung

Bona
detikTravel
Foto: Gereja Santo Giorgis di Ethiopia (AFP/CNN)
Foto: Gereja Santo Giorgis di Ethiopia (AFP/CNN)
Addis Ababa - Ethiopia punya agama Kristen Ortodoks, salah satu aliran tertua Afrika. Gerejanya di bawah tanah. Jemaatnya memakai sorban dan kerudung seperti umat Muslim.

Santo Giorgis merupakan salah satu gereja beraliran Kristen Orthodoks di Lalibela, Ethiopia. Gereja ini sangat tua dan masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO, seperti yang dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (2/7/2018).

Dari 11 gereja yang ada di Lalibela, Santo Giogis menjadi yang paling menarik. Gereja ini memiliki struktur bangunan yang dipahat langsung dari batu 900 tahun lalu.

Kalau biasanya bangunan peribadatan berada di dekat jalan, gereja ini berada menjorok di bawah tanah. Jadi atapnya memiliki tinggi yang sama dengan permukaan tanah.

Jemaat gereja menggunakan kerudung dan sorban (Frank Gardner/BBC)Jemaat gereja menggunakan kerudung dan sorban (Frank Gardner/BBC)
Tonton juga video 'Sensasi Hagia Sophia: Gereja yang Diubah Jadi Masjid dan Museum'

[Gambas:Video 20detik]


Pembangunan gereja ini dicetuskan oleh Kaisar Ethiophia, Gebre Mesqel Lalibela. Tujuannya agar para jemaat kristen orthodoks memiliki tempat ziarah alternatif. Karena pada saat itu umat Muslim masih menguasai Kota Yerusalem.

Dibangun pada abad ke-12, Santo Giorgis berada tepat di jantung Lalibela yang sempat menjadi ibukota Ethiopia sampai pada abad ke-13. Pembangunannya pun tak main-main, yaitu selama 20 tahun.

Selain bentuk bangunannya yang unik, gereja ini juga memiliki tata ibadah yang tak biasa. Para jemaatnya menggunakan penutup kepala seperti sorban dan kerudung layaknya umat Muslim.

Menurut masyarakat, ada sekitar 80.000 sampai 100.000 orang yang berkunjung ke gereja ini tiap tahunnya. Kebanyakan juga mengikuti jalan salib saat perayaan Paskah. Gereja ini bisa jadi destinasi yang unik banget untuk wisatawan yang liburan ke Ethiopia.
Perayaan Paskah kristen orthodoks Ethiopia (AFP)Perayaan Paskah kristen orthodoks Ethiopia (AFP)
Gereja Unik di Ethiopia: Jemaatnya Bersorban & Berkerudung
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA