Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Jul 2018 17:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inggris Masuk Semifinal, Fans Bisa Liburan Dulu di Kota Samara

Foto: Kota Samara di Rusia (Resha/detikTravel)
Foto: Kota Samara di Rusia (Resha/detikTravel)
Samara -
Inggris sukses menggulung Swedia di Samara, Rusia dan maju ke semifinal Piala Dunia 2018. Pendukung Inggris bisa jalan-jalan dulu di Kota Samara.
Samara dikenal dunia luar sebagai kota industri dan kedirgantaraan milik Rusia yang tertutup. Tapi, di balik itu Samara menyimpan keindahan yang sayang jika dilewatkan.

Hampir seluruh industri besar Rusia di bidang apapun semuanya bertempat di Samara. Maka jangan heran ketika suporter timnas Piala Dunia mengunjungi Samara, maka akan terlihat pabrik-pabrik sepanjang jalan sedari bandara hingga pusat kota yang berjarak sekitar sejam lebih. Begitulah pengalaman detikTravel menjelajah Samara sebelum laga Inggris VS Swedia, Sabtu (8/7/2018).

Tak cuma itu, Samara juga terkenal dengan pusat kedirgantaraan, yakni pesawat dan pengembangan antariksa. Di kota inilah Yuri Gagarin mempersiapkan diri untuk jadi manusia pertama yang terbang ke luar angkasal.

Meski demikian, jika Anda tidak begitu suka dengan kedirgantaraan dan juga luar angkasa, maka Samara juga menyediakan budaya lokal yang patut dilihat dan juga keindahan tempat-tempat bersejarah di sana. Maklum Samara sempat dijadikan ibukota sementara saat Perang Dunia II berkecamuk.


Untuk mengenang para pejuang Uni Soviet asal Samara yang gugur selama perang tersebut, pemerintah kota membuatkan prasasti khusus yang memuat nama-nama mereka, selain ada api abadi. Bagi Anda yang suka dengan seni dan teater, Samara juga punya Gedung Teater besar di pinggir Sungai Volga.

Monumen pejuang Soviet dari Samara yang gugur di PD IIMonumen pejuang Soviet dari Samara yang gugur di PD II Foto: Resha/detikTravel


Selain itu anda juga bisa melihat Monumen of Glory yang terletak di pinggir Sungai Volga. Monumen ini dipersembahkan untuk para pekerja di industri penerbangan Samara yang telah berjuang keras selama perang.

Monumen ini juga jadi landmark dengan patung setinggi 13 meter yang terbuat dari baja dengan gaya memegang sayap pesawat. Di sebelahnya tepat terdapat Kantor Gubernur Samara yang berdiri kokoh.

Jangan lupakan juga untuk berwisata ke bungker Stalin dan Museum Rumah Lenin yang juga jadi daya tarik kota ini. Bungker itu sudah ada sejak 1942 dan ditemukan masyarakat pada tahun 1991. Selain itu juga ada sungai Volga yang dijadikan tempat masyarakat lokal menghabiskan musim panas dengan berjemur

Selain itu, juga ada Festival Grushinsky yang bertujuan untuk mengenang Valeri Grushin. Dia adalah seorang warga lokal yang meninggal karena menyelamatkan teman-temannya yang tenggelam di sebuah acara perkemahan.



Ada juga Leningradskaya Street, di mana sepanjang jalan ditutup untuk kendaraan dan masyarakat bisa lalu lalang dengan mudahnya sembari belanja atau sekadar berjalan-jalan di sana.

Leningskaya StreetLeningskaya Street Foto: Resha/detikTravel


Tempat terkenal lainnya di Samara adalah Kuybisheva Square, lapangan berbentuk segiempat seluas 150 ribu meter persegi adalah square terluas di dunia. Di sanalah FIFA menempatkan Fan Fest sepanjang Piala Dunia ini. Nama Kuybisheva ini diambil dari nama Valerian Kuybyshev, pejuang dari Samara.

Untuk wisata alam, ada banyak pilihan untuk para wisatawan, dengan Taman Nasional Samarskaya Luka sebagai yang paling populer. Taman nasional ini terbentuk dari lekukan besar Sungai Volga dan Sungai Usa. Luas totalnya 22.500 hektar dan jadi habitat 38 spesies hewan. Banyak operator tur di Samara menawarkan paket hiking ke sana.
Salah satu sudut kota SamaraSalah satu sudut kota Samara Foto: Resha/detikTravel


Soal transportasi, Samara punya berbagai jenis angkutan umum seperti kereta, tram, metro, dan juga bus. Trem dan Bus jadi angkutan utama warga lokal di sini karena jumlahnya terbilang banyak.

Lalu bagaimana soal kuliner? Bagi Anda pecinta bir, maka datanglah ke Samara. Samara jadi tempat pabrik bir yang kondang di Rusia sejak 1880, Zhigulevskoe. Pemilik usaha minuman beralkohol ini adalah Alfred von Vocano dari Austria dan bir itu masih jadi yang terbaik di Rusia sampai saat ini.

Tertarik mengunjungi Samara?
(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA