Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Jul 2018 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Intip Rumah Coklat Kekinian di Filipina

Syanti Mustika
detikTravel
Rumah Casa de Cacao di Cebu, Filipina (Syanti/detikTravel)
Rumah Casa de Cacao di Cebu, Filipina (Syanti/detikTravel)
Cebu - Selain memiliki pantai favoritnya turis Korea Selatan, Cebu juga punya rumah coklat. Di rumah ini kamu bisa melihat proses pembuatan kokoa menjadi coklat.

detikTravel berkesempatan berkunjung ke Filipina atas undangan Philippine Department of Tourism bersama Philippine Airlines sepanjang pekan lalu dan berkunjung ke sebuah rumah produksi coklat. Konon, pengelola rumah ini menjadi ikoniknya coklat Filipina.

Nama rumah produksi ini adalah Casa de Cacao, berada di Casals Village, Mabolo, Cebu, Filipina. Di rumah ini pengunjung akan diajak melihat bagaimana proses biji kokoa diolah menjadi coklat dan beragam produk lainnya.

Biji coklat di sangrai (Syanti/detikTravel)Biji coklat di sangrai (Syanti/detikTravel) Foto: undefined


Raquel T Choa, merupakan pemilik sekaligus pengelola dari rumah produksi coklat ini. Di a dengan senang hati memperlihatkan bagaimana biji kokoa diproses dan menghasilkan coklat yang sehat untuk penikmat coklat.

detikTravel bersama rombonganpun diperkenalkan dengan biji kokoa dan bentuk pohohnnya. Kemudian kami juga diberikan penjelasan bahwa setelah biji kokoa dibersihkan, biji tersebut dijemur kemudian akan di sangrai sampai kering. Setelah biji bewarna coklat kehitaman, barulah biji diolah menjadi serbuk coklat.

Pembuat minuman coklat (Syanti/detikTravel)Pembuat minuman coklat (Syanti/detikTravel) Foto: undefined


Casa de Cacao tidak hanya memproduksi serbuk coklat saja. Mereka juga menghasilkan minuman coklat beragam rasa, kue, dan brownies coklat.

"Kami masih mempertahan proses pembuatan dengan cara tradisional. Kami menyebutnya dengan tablea-making," ungkap Raquel.

 Pengunjung mencicipi produk rumah coklat Casa de Cacao (Syanti/detikTravel) Pengunjung mencicipi produk rumah coklat Casa de Cacao (Syanti/detikTravel) Foto: undefined


Tidak hanya melihat proses dan produksinya saja. Di rumah Casa de Cacao pengunjung juga bisa mencicipi dan mencoba mengelola biji coklat. Sembari mencicipi, pengunjung nantinya juga akan diceritakan bagaimana sejarah biji kokoa datang ke Filipina.

Hal lain yang menarik dari rumah coklat ini adalah kisah dari Legend of Maria Cacao. Kisal inilah yang menginspiratif Raquel untuk terus fokus kepada produksi kokoa.

Untuk traveler yang penasaran dan ingin datang langsung melihat prosuksi kokoa dan mendengarkan kisah Legend of Maria Cocoa bisa datang langsung. Namun harus di booking seminggu sebelum kedatangan ya.

(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED