Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Jul 2018 19:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Melihat Radcliffe Camera, Bangunan Ikonik di Kota Pendidikannya Inggris

Baban Gandapurnama
detikTravel
Radcliffe Camera di Oxford, Inggris (Bavban/detikTravel)
Radcliffe Camera di Oxford, Inggris (Bavban/detikTravel)
Oxford - Oxford adalah kota pendidikan di Inggris dengan salah satu universitas terbaik dunia. Ada salah satu bangunan ikonik di sana, Radcliffe Camera.

Sepanjang jalanan, ramai orang berseliweran di kawasan Radcliffe Square, Kota Oxford, Inggris, Minggu 15 Juli 2018. Turis dan warga lokal berbaur menyusuri area pedestrian yang kanan-kirinya berdiri pertokoan serta gedung tua nan kokoh menawan.

"Bangunan bersejarah paling ikonik di Oxford ialah Radcliffe Camera," ucap Santi Wahyuni, salah satu tur leader, yang mengajak rombongan Garuda Indonesia berkunjung jantung kota Oxford.

Bertepatan musim panas tahun ini, pagi berlangit cerah menyergap daerah yang tenar ke seantero dunia lantaran menjadi tempat syuting film Harry Potter. Oxford dapat dijajal kendaraan selama 1,5 jam dari London.

Selain warga lokal dan pelancong, beberapa rombongan remaja menggendong tas tampak wira-wiri. Para remaja tersebut tengah studi di sejumlah sekolah yang berlokasi di Oxford.



"Oxford itu kota pendidikan. Kalau di Indonesia, seperti Yogyakarta," ucap Santi.

Melihat Radcliffe Camera, Bangunan Ikonik di Kota Pendidikannya InggrisPejalan kaki di Radcliffe Square (Baban/detikTravel)

Santi mengulas singkat situs sejarah Radcliffe Camera yang tersohor seantero Inggris "Camera dimaksud itu bukan alat foto. Camera artinya (bahasa latin) ruang atau ruangan," ujar perempuan yang sudah dua tahun menetap di Inggris.

Berbagai literatur menjelaskan bangunan Radcliffe Camera digagas John Radcliffe, seorang dokter fenomenal asal Inggris. Selain Radcliffer Camera, namanya diabadikan untuk bangunan lain di Oxford yaitu Radcliffe Infirmary dan Radcliffe Observatory.

Melihat Radcliffe Camera, Bangunan Ikonik di Kota Pendidikannya InggrisSalah satu sudut Radcliffe Square (Baban/detikTravel)



Radcliffe Camera dirancang Nicholas Hawksmoor dan dibangun serta didesain oleh arsitek Inggris kelahiran Skotlandia, James Gibbs. Fondasi peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan tersebut berlangsung pada 17 Mei 1737.

Bangunan ini disusun menggunakan batu dari desa Headington dan batu kapur Burford. Butuh waktu 12 tahun lamanya mendirikan Radcliffe Camera yang kemudian diresmikan pada April 1749.

Bangunan elegan ini disebut-sebut terinspirasi konsep Palladian atau Palladianism yaitu bergaya khas Eropa yang desainnya menyelaraskan nilai-nilai kuil klasik formal Yunani Kuno dan Romawi. Konsep tersebut diusung seorang arsitek bernama Andra Palladio.

Keunikan bangunan Radcliffe Camera dihiasi kubah. Konon, mahkota yang menempel di puncak kubah tersebut tersemat berlian.

Melihat Radcliffe Camera, Bangunan Ikonik di Kota Pendidikannya Inggris(Baban/detikTravel)

Bertepatan akhir pekan, banyak turis menyambangi tempat ruang baca ini. Mereka mengabadikan ikon Oxford tersebut dengan berfoto di depan gedung dua lantai yang sekelilingnya tertancap pagar.

Letak Radcliffe Camera diapit di antara bangunan Old Bodleian, Gereja Santa Mary, Brasenose College dan All Souls College. Salah satu perpustakaan tertua di Inggris ini mengoleksi aneka buku di antaranya soal teologi, sastra Inggris, sejarah seni, arkeologi dan antropologi.

"Namun kita enggak bisa masuk perpustakaannya, ya karena itu khusus mahasiswa," kata Santi. (bbn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED