Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Sep 2018 19:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pulau Eksklusif Ini Hanya Bisa Dikunjungi Dua Kali Setahun

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: Pulau Montecristo di Italia (Parco Nazionale Arcipelago Toscano)
Livorno - Montecristo bisa dibilang pulau destinasi paling eksklusif di Italia. Pulau cantik itu terbuka buat turis, tapi hanya dua kali dalam setahun. Kenapa?

Pulau Montecristo yang menjadi bagian dari Tuscan Archipelago National Park berada di Kepulauan Tuscan, Italia, sekitar 50 km dari Porto Santo Stefano di Tuscany. Montecristo luasnya sekitar 10 km2.

Walaupun kecil, pulau ini menyimpan keindahan alam yang bikin turis penasaran. Montecristo juga begitu populer karena menjadi latar lokasi dalam novel petualangan tahun 1844 berjudul The Count of Monte Cristo yang ditulis oleh Alexandre Dumas.

Banyak turis yang ingin berlibur ke Montecristo, tapi tak semua orang bisa bebas datang ke sana. Dilihat detikTravel situs resmi Visit Tuscany, Senin (3/9/2018), Pulau Montecristo terbuka buat turis hanya di tanggal-tanggal tertentu.

Setiap tahun, turis bisa berkunjung tanggal 1-15 April dan 31 Agustus-31 Oktober. Pemerintah setempat juga membatasi jumlah kunjungan hanya 1.000 per tahun, dan lebih dari setengah kuotanya diutamakan untuk pelajar dan ilmuwan.

(Parco Nazionale Arcipelago Toscano)(Parco Nazionale Arcipelago Toscano)
Padahal permintaan untuk berkunjung ke sana bisa mencapai 15 ribu. Tak mengherankan kalau wisatawan yang mau main ke pulau harus bersabar. Setelah mendaftar, traveler biasanya baru mendapat giliran berkunjung sekitar 3 sampai 4 tahun kemudian.

Nah, traveler yang datang ke pulau pun tak boleh sembarangan berenang dan memancing. Ada aturan yang melarang siapa saja untuk memancing di area yang jaraknya kurang dari 4,8 meter dari garis pantai. Sedangkan kapal tak boleh berlayar di area dengan jarak kurang dari 1.000 meter dari garis pantai.

BACA JUGA: Air Mancur dan 99 Batu Wajah Misterius di Italia

Sejak lama aturan-aturan tersebut diberlakukan di pulau. Montecristo memang begitu dilindungi karena memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang luar biasa. Traveler yang berkunjung ke sana siap-siap menikmati keindahan yang masih alami sambil hiking. Ada tiga jalur hiking yang bisa dilewati turis, tentunya dengan ditemani petugas.

Selain menikmati alam, traveler akan diajak ke reruntuhan Monastery of San Mamiliano, gua yang dikenal bernama Grotta del Santo dan spot yang cocok buat yang mau merasakan meditasi di pulau. Seru! (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA