Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Jan 2019 22:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mau Coba Tidur di Tempat Ayahnya Kim Jong-un?

Afif Farhan
detikTravel
Tampak luar homestaynya (Petra Wong/BBC Travel)
Pyongyang - Beberapa sudut Korea Utara terbuka untuk turis, meski aturannya ketat. Salah satunya suatu homestay yang pernah didatangi Kim Jong-il, ayahnya Kim Jong-un.

Dilansir BBC Travel, Senin (28/1/2019) homestay itu berada di Gunung Chilbo, Provinsi Hamgyong di Korea Utara bagian utara. Butuh waktu sekitar 7-8 jam naik mobil dari pusat Kota Pyongyang.

House 16, begitu sebutannya yang familiar untuk turis. Di homestay itulah, dulunya mendiang pemimpin Korea Utara Kim Jong-il ayahnya Kim Jong-un pernah datang berkunjung dan bermalam di tahun 2006.

Namun sayang, dari 20 kamar di sana tidak dijelaskan di kamar nomor berapa Kim Jong-il bermalam. Sebabnya, bagi masyarakat Korea Utara itu dianggap tidak sopan untuk memberitahu lokasi tidur sang pemimpin yang dijuluki 'Dear Leader' tersebut.

Bagian dalam homestaynya (Petra Wong/BBC Travel)Bagian dalam homestaynya (Petra Wong/BBC Travel)


Petra Wong, penulis dari BBC Travel mencoba bermalam di sana. Dia menggambarkan, homestaynya sangat sederhana. Nuansa budaya Korea Utara dari arsitektur, perabotan dan pernak-perniknya begitu terasa.

Tak ketinggalan, foto-foto Kim Jong-il dan Kim Jong-un terpampang di dalam sudut-sudut ruangan. Tentu, itu dinilai merupakan suatu penghormatan.

Berbagai foto Kim Jong-il (Petra Wong/BBC Travel)Berbagai foto Kim Jong-il (Petra Wong/BBC Travel)


Asyiknya, sang tuan rumah homestay bakal menyambut tiap turis dan mengenalkan berbagai hal tentang Kora Utara. Dari memasak kimchi, menyetel lagu-lagu Korea Utara sampai bermain voli bareng.

Posisi House 16 berada di atas perbukitan dan dekat dengan pesisir. Saat malam hari, suara ombak baakal memecah keheningan. Syahdu nian...

BACA JUGA: Bentang Alam Korea Utara yang Belum Pernah Kamu Lihat

Bahkan, homestay ini lebih nyatanya selalu ramai pengunjung baik dari warga lokal dan turis mancanegara. Kebanyakan turisnya, dari Australia dan Eropa. Khusus dari Amerika Serikat, boleh datang tapi tidak boleh bermalam.

Tidak ada data mengenai harga per malam di House 16. Untuk datang ke sana pun hanya diizinkan melalui travel agent yang sudah mendapat izin dari pemerintah Korea Utara seperti Young Pioneer Tours, Bestway Tours and Safari, Uri Tours dan Koryo Tours.

Mau coba bermalam di sana?

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA