Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Feb 2019 09:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Putri Kaisar yang Sakit, Obatnya Menikahi Keturunan Konfusius

Bona
detikTravel
Temple of Confucius di Qufu (Bonauli/detikTravel)
Qufu - Liburan Imlek di China, banyak legenda unik yang bisa turis ketahui. Misalnya cerita putri kaisar yang sakit dan cuma bisa disembuhkan keturunan Konfusius.

Cerita ini bisa didengar wisatawan dari pemandu wisata kalau liburan ke Temple of Confusius di Qufu, Shandong, China. Cerita ini terkait dengan Kaisar Qianlong yang paling populer bagi masyarakat China. Selain terkenal bijak dan baik hati, Kaisar Qianlong juga dekat dengan Konfusius.

Hal ini terlihat dari seringnya kunjungan Kaisar Qianlong ke Temple of Confucius. Walau tak sepopuler sekarang, saat itu Konfusius sudah menjadi orang penting di China.

Pada saat Kaisar Qianlong berkuasa, Konfusius pun wafat. Namun Konfusius meninggalkan keturunan dan masih dianggap sebagai bangsawan.

Kaisar Qianlong memiliki seorang putri yang berpenyakit aneh. Sudah berobat ke banyak dokter, namun kesehatan putri tak kunjung membaik.

Ketika itu, seorang tabib datang menghadap Kaisar Qianlong. Tabib tersebut memeberitahu kaisar sebuah cara agar sang putri sembuh.

"Tabib tersebut bilang, nikahkanlah sang putri dengan seseorang yang kaya, mulia dan keturunan bangsawan," cerita Dennis, pemandu dari China International Travel Service.

Kaisar Qianlong berpikir, siapakah yang pantas untuk menjadi pendamping putrinya. Sebagai kaisar, tak ada orang yang lebih mulia dari Qianlong dan dianggap pantas sejajar dengannya.

Sebagai pengagum Konfusius, Kaisar Qianlong berniat untuk menikahkan putrinya dengan keturunan Konfucius. Namun Kaisar Qianlong menemukan satu hambatan.

"Kaisar Qianlong orang etnis Manchu, sedangkan Konfusius adalah Han. Saat itu ada larangan untuk menikah dengan perbedaaan ini," jelas Dennis.

Dengan cerdiknya, Kaisar Qianlong menjadikan putrinya anak tiri dari Menteri yang adalah orang Han. Sehingga sang putri bisa menikah dengan keturunan Konfusius.

"Setelah menikah, putri tersebut sembuh dengan cepat," tutup Dennis. Temple of Confusius di Shandong, bisa jadi tujuan liburan Imlek kali ini. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA