Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Feb 2019 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Toilet Instagramable Ini Tarik 250 Ribu Wisatawan Per Tahun

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Toilet instagramable di Selandia Baru (Shirley Williams/teara.govt.nz)
Toilet instagramable di Selandia Baru (Shirley Williams/teara.govt.nz)
Kawakawa - Umumnya toilet hanya jadi tempat untuk buang air kecil atau besar. Namun, toilet di Selandia Baru ini sampai dikunjungi 250 ribu orang per tahun. Kenapa ya?

Bicara Selandia Baru, traveler akan diingatkan oleh indahnya panorama alam serta Hobbiton yang jadi setting film kolosal Lord of The Rings. Hanya di Kota Kawakawa yang terletak di sisi North Island, ada satu toilet yang jadi atraksi wisata.

Dilihat detikTraavel dari situs Teara yang jadi rujukan wisata Selandia Baru, Senin (4/2/2019), toilet yang berjarak sekitar 5 jam perjalanan dari Auckland ini dikunjungi karena sangat instagramable!

Didesain oleh seniman Austria bernama Friedensreich Hundertwasser, toilet umum tersebut berhasil menarik sekitar 250 ribu wisatawan setiap tahunnya seperti diberitakan media News Australia.

Diketahui, Friedensreich pertama kali berkunjung ke Selandia Baru pada tahun 1970 untuk sebuah acara pameran seni. Saat itu, ia membeli sebuah properti di Kawakawa. Namun, di tahun 1998 ia 'mengubah' sebuah toilet umum di sana menjadi sebuah kaya seni.

Tampilan dalam toilet (Shirley Williams/teara.govt.nz)Tampilan dalam toilet (Shirley Williams/teara.govt.nz)
Untuk informasi, toilet umum itu didominasi oleh keramik persegi dan persegi panjang warna-warni. Keramik ukuran persegi yang berbeda satu sama saling ditempel sedemikian rupa hingga membentuk pemandangan yang ramai sekaligus nyentrik.

Semua keramik itu pun disatukan oleh garis tebal yang menyambung dan tidak beraturan antar keramik. Fungsinya yang dahulu adalah toilet umum itu menjelma jadi karya seni sekaligus objek wisata.

Kini, tak sedikit wisatawan yang rela datang ke Kawakawa hanya untuk melihat dan berfoto di toilet tersebut. Seandainya masih hidup, Friedensreich tentu akan dibuat terpukau akan antusiasme wisatawan atas karya seninya tersebut.

Atas popularitas toiletnya, Kota Kawakawa didapuk sebagai "Hundertwasser Town' yang merujuk pada nama besar Friedensreich Hundertwasser sebagai sang seniman di balik toilet nyentrik tersebut.

Piihak dewan komunitas Kawakawa pun boleh berterima kasih pada Friedensreich Hundertwasser atas karyanya yang berhasil menarik wisatawan ke Kawakawa. Apa kamu juga tertarik untuk berfoto di toilet umum ini? (wsw/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA