Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Feb 2019 16:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ramai Soal Pulpen, Sungguhan Ada Nih Museum Pulpen

Afif Farhan
detikTravel
(Facebook/Pen Museum)
(Facebook/Pen Museum)
Birmingham - Masih ramai debat Pilpres putaran kedua, sampai-sampai soal pulpen disinggung. Bicara soal pulpen, ternyata sungguhan ada Museum Pulpen lho!

Namanya museum, pasti menyimpan suatu benda bersejarah apapun itu. Termasuk Kota Birmingham di Inggris yang memiliki Pen Museum alias Museum Pulpen.

Dilansir detikTravel dari website resmi Pen Museum, Senin (18/2/2019) Museum Pulpen merupakan salah satu objek wisata di Kota Birmingham. Lokasinya di Unit 3, The Argent Centre, 60 Frederick Street, Birmingham, B1 3HS.

Usut punya usut, ternyata Kota Birmingham memiliki sejarah penting mengenai pulpen. Di abad ke-19, Birmingham merupakan pusatnya penghasil pulpen terbesar di dunia. Dijual ke berbagai negara oleh para pelaut sebagai salah satu komoditi perdagangan.

Koleksi pulpen di dalam museumnya (Facebook/Pen Museum)Koleksi pulpen di dalam museumnya (Facebook/Pen Museum)


Terdapat 5.000 pulpen yang tersimpan di Pen Museum ini. Bentuknya bermacam-macam, plus terlihat begitu penuh seni. Tak ayal, di zaman dulu pulpen adalah barang mewah!

BACA JUGA: Foto Bekas Tambang Jadi Tempat Wisata Seperti Dalam Debat Capres

Pena dari tahun 1800-an tersimpan rapi di museumnya. Tidak sekadar melihat dan membaca informasi, para pengunjung dapat mencoba langsung proses pembuatan pulpen.

Penampakan pulpen di abad ke-19 (Facebook/Pen Museum)Penampakan pulpen di abad ke-19 (Facebook/Pen Museum)


Proses pembuatannya pun masih ada yang tradisional. Asyiknya, bisa coba langsung membuat pena bulu dan belajar memakainya.

Pen Museum digagas oleh Birmingham Pen Trade Heritage Association. Suatu yayasan non profit yang bertujuan mewariskan sejarah Birmingham khususnya soal pulpen. Bagi mereka, ada nilai sejarah besar yang tidak boleh hilang begitu saja.

Pembuatan pulpen tidaklah mudah di zaman dulu (Facebook/Pen Museum)Pembuatan pulpen tidaklah mudah di zaman dulu (Facebook/Pen Museum)


Potret para pekerja di pabrik pulpen di Birmingham di zaman dulu (Facebook/Pen Museum)Potret para pekerja di pabrik pulpen di Birmingham di zaman dulu (Facebook/Pen Museum)


Sejak dibuka tahun 2001, Museum Pulpen menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi traveler saat melancong ke Birmingham. Museumnya buka pada hari Selasa sampai Sabtu, dari pukul 11.00 sampai 16.00 sore.

Tiket masuknya sebesar GBP 5 atau sekitar Rp 90 ribuan bagi orang dewasa. Sedangkan untuk pelajar, yakni GBP 4 atau sekitar Rp 70 ribuan. Bagi pengunjung di bawah usia 16 tahun, gratis.

Selamat datang di Museum Pulpen! (aff/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED