Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Mar 2019 12:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal Australia Barat yang Penuh Pesona dan Dekat Indonesia

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Suasana di Elizabeth Quay, Kota Perth (Tourism Western Australia)
Foto: Suasana di Elizabeth Quay, Kota Perth (Tourism Western Australia)
Jakarta - Australia Barat bagaikan tetangga Indonesia. Terbang ke sana tidak lama, dan tempat wisata yang luar biasa sudah menunggu Anda. Liburan ke sana yuk!

Australia Barat adalah negara bagian Australia yang dekat dengan Indonesia. Apa yang terlintas di pikiran saat menyebut Kota Perth? Inilah kota yang menjadi pintu masuk ke Australia Barat.

BACA JUGA: Tempat Wisata di Australia Barat yang Menakjubkan

Ternyata, Perth tidak jauh dari Jakarta atau Bali. Ada banyak pilihan penerbangan ke Perth. Dari Jakarta hanya butuh 4,5 jam dan dari Bali hanya 3 jam 40 menit penerbangan. Tidak jauh bukan? Seperti terbang ke Hong Kong dari Jakarta, dan bahkan lebih dekat daripada terbang ke Beijing atau Seoul. Pilihan maskapainya pun ada banyak, dari full service sampai maskapai bujet untuk terbang ke Australia Barat.

Dari Jakarta ada Garuda Indonesia terbang langsung tiap Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Ada Qantas setiap hari via Sydney, lalu via Singapura ada Singapore Airlines setiap hari dan Scoot pada Senin, Rabu, Jumat Minggu, AirAsia setiap hari via Kuala Lumpur atau Denpasar.

(Tourism Western Australia)(Tourism Western Australia)
Sedangkan dari Bali ada Garuda Indonesia, Jestar dan AirAsia terbang langsung setiap hari ke Perth. Sedangkan Qantas terbang tiap hari via Sydney. Australia Barat begitu mudah dijangkau dari Indonesia. Dari Bandara Perth nanti ada bus Transperth nomor 380, nomor 40 dan nomor 935 yang akan mengantar kita ke pusat Kota Perth.

Perth akan menjadi kota liburan yang menyenangkan. Destinasinya banyak dan transportasi publiknya juga bagus. Di sana ada Elizabeth Quay yang seru di siang hari dan gemerlap di malam hari dengan Sungai Swan membelah kota dan menawarkan pesona di kedua sisinya Ada lagi taman Kings Park yang luas dan hijau. Berkeliling Kota Perth akan menjadi pengalaman luar biasa untuk wisatawan.

Pemandangan Perth (Tourism Western Australia)Pemandangan Perth (Tourism Western Australia)
Tempat wisata di Australia Barat dikenal dengan pantai-pantai yang indah. Pemandangannya indah, berpasir putih dan banyak yang menjadi habitat hewan-hewan yang unik dari kanguru di pedalaman, singa laut atau lumba-lumba di Rockingham sampai Quokka yang unik di Pulau Rottnest. Saat berada di pantai terbaik di Australia Barat akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan untuk wisatawan.

Nikmatilah alam tempat wisata di Australia Barat yang bebas polusi. Perth dan kawasan Australia Barat adalah Negeri Matahari Terbenam. Banyak tempat untuk menikmati senja. Spot terbaik menikmatinya ada di Sunset Coast di Perth, kota pelabuhan Fremantle juga di kawasan taman nasionalnya. Di pedalaman seperti kawasan Pinnnacles, wisatawan bisa melihat langit malam yang begitu bersih dan menampilkan bintang berkelip dari galaksi bima sakti.

Pinnacles yang unik di Australia Barat (Tourism Western Australia)Pinnacles yang unik di Australia Barat (Tourism Western Australia)
Australia Barat adalah kawasan yang cocok bagi Anda para petualang. Kenapa demikian? Karena negara bagian ini paling besar di Australia dengan luas 2.525.500 km2 dan paling enak dinikmati dengan perjalanan darat menggunakan mobil pribadi atau karavan.

Roadtrip amat disarankan jika traveler berkunjung ke Australia Barat dengan Perth sebagai titik awal tentunya. Menggunakan mobil, Anda bisa ke daerah-daerah terpencil seperti Broome, Monkey Mia dan Albany dengan sesekali dapat menemukan kanguru, walabi dan lainnya.

Quokka yang lucu di Rottnest Island (Tourism Western Australia)Quokka yang lucu di Rottnest Island (Tourism Western Australia)
Untuk izin mengemudi di Perth dan sekitarnya cukup mudah. Cukup menggunakan SIM dari Indonesia, Anda sudah bisa mengemudikan mobil di sana. Lebih bagus lagi kalau memiliki SIM internasional. Tapi jangan lupa mematuhi aturan lalu lintas di sana ya.

BACA JUGA: Foto Aneka Festival Meriah di Australia Barat

Sambil naik mobil dan road trip, nikmatilah pengalaman yang luar biasa saat liburan di Australia Barat. Alamnya begitu ajaib dengan pantai pasir putih, bebatuan unik di Pinnacles dan Taman Nasional Kalbarri. Ada lagi Danau Hutt Lagoon yang warnanya pink. Hewan-hewan khas Australia seperti kanguru juga bisa dikunjungi di Caversham Wildlife Park, sedangkan Quokka yang lucu ada di Rottnest Island. Musim semi pada bulan September-November adalah saat yang terbaik untuk menikmati bunga-bunga cantik mekar di sini.

Selain alam yang indah, Australia Barat juga menawarkan pengalaman wisata kuliner yang tidak terlupakan. Ada Swan Valley dan Margaret River yang merupakan daerah penghasil anggur. Australia Barat punya wine terbaik dan aneka seafood lezat dan berkualitas yang bisa dinikmati di Fremantle. Australia Barat juga punya banyak festival seni dan pertunjukan seperti Perth Festival, Fringe World dan Sculpture by The Sea.

Fringe World Festival (Tourism Western Australia)Fringe World Festival (Tourism Western Australia)
Liburan ke Australia Barat akan menjadi pengalaman yang luar biasa karena memperhatikan semua kebutuhan liburan wisatawan. Yang mau wisata keluarga di Australia Barat, atau bersama pasangan, penyuka wisata olahraga dan bahkan muslim traveler yang membutuhkan wisata halal. Sebagai sebuah destinasi kelas dunia, Australia Barat juga memperhatikan kebutuhan traveler muslim dengan banyak masjid tersebar di Perth dan sekitarnya, fasilitas musala di bandara dan sejumlah restoran halal terutama di Perth.

Sebuah hari yang biasa di Australia Barat, adalah sebuah hari yang menakjubkan bagi wisatawan. Hebatnya lagi, destinasi ini dekat banget dengan Indonesia!

Mau tahu lebih jauh? Simak informasinya di sini.


(msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA