Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Mar 2019 16:32 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal Tradisi Tukar Istri

Afif Farhan
detikTravel
Wanita suku Drokpa (iStock)
Wanita suku Drokpa (iStock)
Kashmir - Tiap suku di dunia punya tradisi masing-masing. Kadang unik dan berbeda, seperti tradisi tukar istri di pedalaman India sana.

Suku tersebut bernama Drokpa. Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (5/3/2019) populasi Drokpa sekitar 3.000-an orang, menempati kawasan Sungai Indus di wilayah Jammu dan Kashmir, India. Hidupnya masih tradisional dan menganut kebudayaan leluhurnya.

BACA JUGA: Cerita Suku di Amazon yang Terancam Punah

Banyak teori menyebut, Drokpa asalnya adalah sekelompok tentara Aleksander Agung dari Yunani. Namun ada juga yang menyebut, bahwa mereka memang suku asli yang berasal dari Pegunungan Himalaya.

Salah satu tradisinya yang memasukan Drokpa sebagai salah satu suku unik di dunia, adalah tradisi tukar istri. Sebuah tradisi yang dilakukan para leluhurnya.

Para istri bakal bersolek atau berias secantik mungkin untuk menarik perhatian suami lain. Para suami yang istrinya akan ditukar pun bakal mempromosikannya semenarik mungkin.

(iStock)(iStock)


Rupanya, tidak ada penjelasan khusus mengenai tradisi tukar istri tersebut. Beberapa ahli sejarah menilai, bisa jadi bertukar istri adalah untuk terhindar dari roh jahat.

Namun rupanya, beberapa ketua adat setempat ada yang tidak setuju karena dinilai tidak beradab. Sejak ratusan tahun silam, tradisi tukar istri pun sudah dilarang bagi suku Drokpa. Ditambah, banyak ajaran agama yang melarangnya.

Akan tetapi, masih banyak yang menilai suku Drokpa yang hidupnya jauh di pedalaman tetap mempertahankan tradisi tukar istri.

Mengenal Tradisi Tukar Istri
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA