Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Mar 2019 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal 2 Masjid yang Jadi Lokasi Teror di Selandia Baru

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Masjid Al Noor Christchurch (Google)
Masjid Al Noor Christchurch (Google)
Christchurch - Kejadian teror yang terjadi di dua masjid Christchurch mencoreng citra Selandia Baru. Padahal, kedua masjid itu bersejarah dan penting bagi komunitas setempat.

Teror yang memakan puluhan korban jiwa pada Jumat pekan lalu itu (15/3) diketahui bertempat di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood yang sama-sama berlokasi di Christchurch, Selandia Baru.

Kedua masjid itu pun cukup berdekatan satu sama lain dan sama-sama penting bagi komunitas Muslim di sana. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Senin (18/3/2019), berikut sejumlah fakta mengenai dua masjid tersebut:

1. Masjid Al Noor

Masjid Al Noor di Deans Avenue menjadi saksi bisu dari penembakan pertama. Diketahui, masjid tersebut juga merupakan yang terbesar di Christchurch sekaligus salah satu yang tertua di Selandia Baru.

Dalam kehidupan masyarakat Muslim Christchurch, masjid tersebut juga memegang peranan penting untuk ibadah dan tempat berkumpul. Faktanya, tak sedikit transmigran Muslim yang beribadah di masjid tersebut.

Sebagai tempat kumpul komunitas Muslim, Masjid Al Noor juga menyediakan kantin dengan masakan halal. Tak hanya umat Muslim, siapa pun disambut di sana dengan tangan terbuka.

Suasana di luar Masjid Linwood (AFP)Suasana di luar Masjid Linwood (AFP)
2. Masjid Linwood

Selain Masjid Al Noor, aksi teror sadis itu juga terjadi di Masjid Linwood yang berlokasi tak jauh. Serupa dengan Al Noor, Masjid Linwood juga berfungsi sebagai Islamic Center.

BACA JUGA: Penembakan di Masjid Coreng Selandia Baru Sebagai Negara Paling Aman

Dibangun tahun 2018, Masjid Linwood berdiri di atas bekas gereja. Diketahui, masjid tersebut adalah yang kedua ada di Christchurch.

Itulah beberapa fakta tentang kedua masjid di Christchurch yang jadi saksi kejadian teror naas tersebut. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED