Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Apr 2019 12:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Di Jerman, Tabung Gas Raksasa Diubah Jadi Galeri Seni

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Gasometer Oberhausen, tempat penyimpanan gas yang diubah jadi galeri seni (Wahyu/detikcom)
Gasometer Oberhausen, tempat penyimpanan gas yang diubah jadi galeri seni (Wahyu/detikcom)
Oberhausen - Jerman terkenal akan industrinya yang maju pesat. Saat teknologi makin berkembang, teknologi lama seperti tabung gas raksasa ini pun diubah jadi galeri seni.

Tak ada yang meragukan kemajuan teknologi di Jerman. Kemajuan teknologi di Negeri Bavaria melahirkan kota-kota industri baru seperti Oberhausen di daerah Lembah Ruhr. Tapi itu dulu.

Seiring kemajuan teknologi pula, industri dengan alat berat kini mulai ditinggalkan. Akibatnya, banyak pabrik-pabrik tua yang terbengkalai. Daripada mangkrak dan dihancurkan, ada beberapa bangunan yang dialihfungsikan untuk pariwisata. Salah satunya adalah Gasometer Oberhausen.

detikcom bersama rombongan Famtrip Singapore Airlines berkunjung ke Gasometer Oberhausen pada akhir Maret lalu. Singapore Airlines memang punya rute penerbangan ke Jerman, tepatnya ke Kota Dusseldorf, yang hanya berjarak kurang dari 1 jam dari Oberhausen.

Di Jerman, Tabung Gas Raksasa Diubah Jadi Galeri SeniThomas Macoczeck, pemandu kami memberikan penjelasan (Wahyu/detikcom)


Sesampainya di Gasometer Oberhausen, kami sudah disambut oleh Thomas Macoczeck, pemandu yang akan menemani kami berkeliling. Kepada detikcom, Thomas bercerita banyak tentang sejarah bangunan setinggi 170 meter dan berdiameter 67,6 meter ini.

"Gasometer ini adalah tempat penyimpanan gas. Dulunya digunakan untuk industri pembuatan baja. Bangunan ini dibangun pada 1927 dan mulai digunakan tahun 1929," terang Thomas kepada detikcom, Sabtu (23/3) lalu.

Saat Perang Dunia Kedua, bangunan yang mampu menampung 347 ribu meter kubik gas ini, mengalami kerusakan gara-gara bom. Hingga pada 1949, bangunan itu selesai direkonstruksi. Namun pada akhirnya, industri baja di Oberhausen pun tutup karena minimnya permintaan.

Di Jerman, Tabung Gas Raksasa Diubah Jadi Galeri Seni Pameran foto di dalam Gasometer (Wahyu/detikcom)


Di tahun 1994, Gasometer ini mulai dialihfungsikan untuk pariwisata. Tempat penyimpanan gas raksasa ini digunakan sebagai galeri untuk memajang berbagai macam lukisan dan karya seni lainnya. Para wisatawan pun mulai datang memadati destinasi ini.

"Tahun 1994 mulai jadi tempat pameran seni. Sekarang, Gasometer ini dikunjungi 1,3 juta pengunjung dalam 2 tahun terakhir," imbuh Thomas.

Di Jerman, Tabung Gas Raksasa Diubah Jadi Galeri Seni Salah satu karya foto yang dipamerkan (Wahyu/detikcom)

Saat rombongan kami datang, sedang digelar pameran bertajuk 'The Mountain Calls' yang berlokasi di dalam bangunan Gasometer. Isinya berupa pameran foto-foto soal gunung-gunung keren dunia. Pameran ini digelar sampai 27 Oktober 2019.

Dari gunung-gunung di Nepal, hingga Pegunungan Pelangi di China dipamerkan fotonya di sini. Pengunjung tampak antusias melihat foto-foto keren ini satu per satu. Total ada 3 lantai di bangunan ini yang digunakan sebagai ruang pameran.

Di lantai tiga, digunakan untuk memamerkan seni instalasi 3 dimensi Gunung Materhorn yang sangat keren. Penampakan Materhorn diterpa cahaya berbagai warna yang silih berganti membuatnya semakin magis.

Para pengunjung bisa menonton pameran ini sambil tiduran di beanbag yang sudah disediakan di area seperti sebuah amphiteater. Sambil menengadah ke atas, traveler bisa menonton karya seni keren ini. Ah, andai di Indonesia ada pameran keren seperti ini!

Di Jerman, Tabung Gas Raksasa Diubah Jadi Galeri Seni Pengunjung asyik menonton pameran (Wahyu/detikcom)


Traveler juga bisa naik ke atas puncak bangunan Gasometer terbesar di benua Eropa ini. Lewat lift kaca, traveler bisa naik sampai lantai tertinggi dan melihat pemandangan indah kota industri Oberhausen dari ketinggian.

Soal keamanan, jangan takut karena pagar baja mengelilingi puncak bangunan ini. Traveler bisa juga mengintip lewat teropong yang sudah disediakan agar bisa melihat penampakan kota Oberhausen dengan lebih jelas.

Untuk masuk ke dalam bangunan Gasometer Oberhausen, dikenakan tiket masuk sebesar 10 Euro (sekitar Rp 160 ribuan) untuk dewasa. Sedangkan anak-anak, hanya membayar sekitar 4 Euro saja (sekitar Rp 65 ribuan).



Di Jerman, Tabung Gas Raksasa Diubah Jadi Galeri Seni
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED