Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Apr 2019 18:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Aneka Destinasi Wisata Buat Si Kutu Buku, Apa Saja?

Shinta Angriyana
detikTravel
St Giles Cathedral di Edinburgh (Titry Frilyani/dTraveler)
St Giles Cathedral di Edinburgh (Titry Frilyani/d'Traveler)
Jakarta - Traveling bagi pecinta buku, umumnya mengunjung tempat-tempat yang jadi referensi membaca. Apa saja destinasi serunya?

Membangun 'theatre of mind' saat membaca buku memang menyenangkan. Kita bisa membuat alur dan fantasi sendiri di dalam pikiran, menghasilkan imajinasi yang seru dan asyik untuk dirasakan.

Namun, apa jadinya kalau kita melihat langsung tentang lokasi yang ada di imajinasi kita sendiri? Coba deh, ke tempat-tempat yang terinspirasi atau ada di dalam sejumlah buku populer.

Berdasarkan data dari Agoda, seperti diterima detikcom, Rabu (24/4/2019) setidaknya ada 9 tempat yang wajib dikunjungi untuk para pecinta buku. Berikut selengkapnya:

1. Kobe, Jepang

Ilustrasi (iStock)Ilustrasi (iStock)

Bagi traveler yang gemar membaca karya-karya Haruki Murakami, pasi penasaran dengan kuil-kuil Jepang yang menjadi insporasi. Traveler bisa menuju Kobe, untuk melihat Kuil Ikuta, Arima Onsen dan Jembatan Akashi-Kaikyo yang terkenal.

Soal penginapan, traveler juga bisa memilih Arimakoyado Hataya Ryokan. Di sinilah, sisi minimalis Kobe terasa nyaman dan asyik.

2. Camarines Norte, Filipina

Membaca 'Para kay B'? Naskah dramanya memang seru dan bagus. Sang penulis, Ricky Lee, telah bekerja sama dengan beberapa sutradara Filipina seperti Lino Brocka dan Ishmael Bernal, bahkan menerbitkan sebuah buku tentang penulisan skenario yang berjudul "Trip to Quiapo", yang sejak diluncurkan telah menjadi bahan ajar utama bagi perguruan dan sekolah tinggi ilmu komunikasi di Filipina.

Traveler pun bisa mengunjungi kota kelahiran Lee di Camarines Norte, Bicol, Filipina. DI sana, ada sejumlah pantai cantik yang berada di Pulau Apuao Grande dan gugusan pulau Calaguas.

3. Belitung, Indonesia

Tanjung Kelayang (Afif/detikcom)Tanjung Kelayang (Afif/detikcom)

Di tanah air, tentunya Belitung jadi salah satu atraksi yang wajib dikunjungi pecinta buku. Inilah tanah kelahiran sekaligus inspirasi penulis Andrea Hirata.

Traveler bisa mengunjungi Pantai Tanjung Kelayang, Danau Kaolin atau mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata. Traveler juga bisa mengunjungi replika dari sekolah Laskar Pelangi, yakni SD Muhammadiyah Gantong. Paling seru kalau ajak keluarga atau kerabat!

4. Amerika

Andik Setiawan (d'Traveler)Andik Setiawan (d'Traveler)

Di wilayah Amerika traveler bisa berkunjung ke AS dan Kolombia. Di sana, traveler bisa berkunjung ke kota tempat pengarang novel 'To All the Boys I've Loved Before', Jenny Han di New York. Di sana, Traveler bisa berkunjung ke Empire State Building, Patung Liberty, Jembatan Brooklyn dan pertunjukan Broadway.

Sedangkan di Kolombia, traveler bisa mengunjungi tanah kelahiran pemenang Penghargaan Nobel Kesusastraan Gabriel García Márquez. Desa Macondo dalam novel
terkenal García Márquez, "One Hundred Years of Solitude" merupakan ilustrasi dari Aracataca. Selain itu, ada juga rumah masa kecil García Márquez yang direkonstruksi menjadi museum dan Casa del Telegrafista saat berada di Aracataca.

5. Eropa

Kota Edinburgh (Titry Frilyani/d'Traveler)Kota Edinburgh (Titry Frilyani/d'Traveler)

Wilayah Eropa terkenal dengan sejumlah kisah fiksi yang termahsyur. Tentunya, tidak luput dari karya JK Rowling, serial Harry Potter. Traveler bisa ke Edinbrugh, Skotlandia dan berkunjung ke Kastil Edinburgh, Dynamic Earth, atau ke Inggris mengunjungi Wizarding World of Harry Potter.

Begitupun dengan Florence, Italia yang jadi kelahiran Renaisans. Di sini, juga menjadi tempat penyair Dante bertemu dengan seseorang yang ia cintai, Beatrice yang menginspirasi karya-karyanya. Traveler pun bisa berkunjung ke Gereja Santa Margherita dei Cerchi, Ponte Vecchio atau Piazza della Signoria.

6. Timur Tengah

Burj Khalifa (AFP)Burj Khalifa (AFP)
Orhan Pamuk, seorang pelaku sastra yang mendapat penghargaan nobel kesusastraan pada tahun 2006. Ia pun dinobatkan jadi orang Turki pertama yang mendapat nobel, karena kisah-kisahnya yang menggambarkan budaya dan politik Turki. Nah, traveler bisa berkunjung ke The MUseum of Innocence, yang ia buat dan gambarkan di novelnya.

Selain itu, traveler juga bisa ke Dubai. Inilah tanah kelahiran penulis cerita pendek Mohammad Al-Murr yang menerbitkan Dubai Tales. Selain itu, ia juga mengisahkan kehidupan pinggiran Dubai dibalik kemewahan dan kemegahan. Tentunya, kamu wajib berkunjung ke Burj Khalifa dan Palm Jumeirah! (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED