Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Apr 2019 21:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

7 Pesawat yang Diubah Jadi Restoran, Keren!

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Restoran pesawat runway 1 (Runway 1)
Foto: Restoran pesawat runway 1 (Runway 1)
Jakarta - Bagaimanakah nasib armada pesawat jika sudah tidak layak digunakan? Macam-macam, jadi restoran salah satunya!

Makan di restoran dengan bangunan atau desain unik mungkin sudah biasa. Tetapi, tentu lebih asyik jika bentuk bangunannya bukan sebuah bangunan biasa, melainkan armada pesawat sungguhan.

Tentunya, ini menjadi keseruan tersendiri bagi para pencinta aviasi. Mencoba bersantap di pesawat yang tidak berada di ketinggian puluhan ribu kaki.

7 Pesawat yang Diubah Jadi Restoran, Keren!
(Runway 1)


Beberapa negara pun punya sejumlah restoran yang menggunakan pesawat sungguhan lho. Penasaran apa saja? Dilihat detikTravel dari CNN pada Minggu (28/4/2019), berikut 7 restoran yang tempatnya menggunakan armada pesawat:

1. Mc Donald's

Percaya atau tidak, restoran cepat saji di Selandia Baru ada yang menggunakan armada pesawat sebagai bentuk restorannya.

Tepatnya, Mc Donald's berbentuk pesawat berada di Taupo. Restoran ini menggunakan armada Douglas DC-3 dengan cat silver dan merah. Dulunya, pesawat ini merupakan armada South Pacific Airlines yang digunakan tahun 60-an dan pensiun tahun 90-an.

2. The Airplane Restaurant

Di Colorado Springs, Colorado, AS, ada sebuah restoran yang menggunakan armada Boeing KC-97 tahun 1953 bekas Angkatan Udara AS. Restoran ini, dapat menampung sampai 42 pengunjung.

Awalnya, restoran dibuka pada tahun 2002 silam. Restoran ini digadang-gadang sebagai pionir tempat makan yang menggunakan pesawat. Saking banyaknya orang yang minat makan di sini, bahkan pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Sudut-sudutnya pun masih mirip pesawat yang digunakan oleh Angkatan Udara AS.

3. Space Shuttle Cafe

Di Manhattan, New York, ada sebuah kafe yang menggunakan bagian pesawat Douglas DC3. Kafe ini diberi nama Space Shuttle Cafe, mirip-mirip seperti pesawat luar angkasa.

Namun, pemilik restoran terus berganti selama bertahun-tahun. Sehingga, terkadang 'pesawat' ini tidak menjual makanan sama sekali. Kini, pesawat tersebut dijual seharga USD 230 ribu atau setara dengan Rp 3,2 miliar.

BACA JUGA: Wanita Cantik Ini Temukan Cinta di Pesawat, Tapi Malu Tanya Nama

4. Runway 1

Airbus A320 memang masih aktif digunakan maskapai dunia. Tetapi di Haryana, India, malah jadi restoran unik bernama Runway .

Restoran ini dibuka pada tahun 2017 lalu. Rasanya sungguh seperti naik pesawat, karena pengunjung harus menunjukkan 'boarding pass' terlebih dahulu. Bahkan, kokpit juga dibuat menjadi game simulator pesawat. Asyik!

5. Steaks on a Plane

Makan steak di pesawat memang asyik dan mewah. Apalagi di restoran yang satu ini, letaknya di Bolton, Britania Raya.

Traveler bisa bersantap di dalam armada Boeing 737. Sesuai namanya, traveler bisa memesan daging steak dengan sejumlah olahan di Steaks on a Plane. Interiornya juga mewah dan nyaman banget, apalagi untuk makan malam bersama pasangan.

6. La Tante DC10

Di Ghana, ada sebuah restoran bernama La Tante DC10. Restoran ini, menggunakan armada McDonnell Douglass DC-10 yang dulunya digunakan oleh Ghana Airways. Letaknya pun tidak jauh dari sebuah bandar udara.

Ruangan yang dulunya kelas ekonomi, kini berubah menjadi tempat makan utama. Suasana bekas pesawat juga tidak diubah terlalu jauh, sehingga traveler masih bisa merasakan suasana asli armada pesawat ini.

BACA JUGA: 6 Hotel Unik Bertemakan Pesawat, Sudah Pernah ke Sini?

7. El Avion

Di Kosta Rika, ada El Avion Restaurant dan Bar, bukan hanya menggunakan armada pesawat tetapi juga letaknya berada di tengah-tengah hutan. Wah seperti apa ya?

Dulunya, armada pesawat Fairchild C-123 Provider ini digunakan sebagai pesawat kargo Amerika Serikat. Mengalami kecelakaan ditembak jatuh, akhirnya pesawat ini ditinggalkan hingga tahun 2000. Kemudian diangkut di sisi tebing dan disulap menjadi restoran. (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED