Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Mei 2019 21:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengapa Korea Selatan Disebut Negeri Ginseng?

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Ginseng Korea (iStock)
Foto: Ginseng Korea (iStock)
Seoul - Tiap negara punya julukan, seperti Korea Selatan disebut sebagai Negeri Ginseng. Mari mengenal gingseng Korea, yang mendunia!

Dalam rangkaian perjalanan d'Traveler Goes to Korea bersama tiket.com pada 3-7 Mei 2019, salah satu destinasi yang didatangi adalah Korean Ginseng Center. Alamatnya di Gyeonggi-do, Deogeun-dong.

Masuk ke dalamnya, kami dipandu oleh Lefa yang merupakan orang asli Indonesia. Dia menjelaskan berbagai hal menarik tentang ginseng di Korea Selatan.

"Mengapa Korea Selatan disebut Negeri Ginseng? Sebab, Korea Selatan adalah penghasil ginseng terbaik di dunia," katanya membuka penjelasan.

Sayangnya, kami tidak diizinkan berfoto-foto atau mengambil video di dalam Korean Ginseng Center. Ada banyak informasi dan gambar-gambar ginseng yang terpanjang di dinding. Bak masuk ke museum saja.

BACA JUGA: Kota Cantik di Korea Selatan, Dulunya Milik Korea Utara

Lefa menjelaskan, penanaman ginseng di Korea tidaklah main-main. Diperhatikan betul dan dikontrol dengan standar tinggi oleh pemerintah Korea Selatan.

"Ginseng harus ditanam di tanah yang daerahnya 4 musim. Tanah untuk menanam ginseng pun harus memiliki nutrisi yang tinggi," terang Lefa.

Lefa menambahkan, tanah yang sudah ditanami ginseng, tidak akan digunakan lagi untuk menanam ginseng. Butuh waktu sekitar 15 tahun, untuk mengembalikan nutrisi tanahnya.

"Waktu panen terbaik untuk ginseng adalah 6 tahun. Lebih dari itu, nutrisi yang ada di dalam ginseng akan secara alami dikembalikan lagi ke tanah. Sehingga, kurang bagus kandungannya," paparnya.

Mengapa Korea Selatan Disebut Negeri Ginseng? Ginseng Korea yang sudah mendunia (iStock)


Ginseng sangat mengandalkan kondisi tanah. Apabila ada bakteri, ginseng tidak bisa tumbuh. Pun ginseng harus ditutupi suatu terpal, yang fungsinya melindungi dari sinar matahari.

"Tanaman ginseng tidak bisa menyerap sinar matahari secara langsung," ujar Lefa.

Mengapa Korea Selatan Disebut Negeri Ginseng? Penanaman ginseng yang ditutupi suatu terpal (iStock)

Lefa menjelaskan, ginseng dapat ditemui di berbagai negara seperti China, Jepang sampai Amerika Serikat. Hanya saja, ginseng terbaik adalah dari Korea Selatan karena kandungan saponin (jenis glikosida) paling tinggi!

"Jepang hanya 8 saponin dan China hanya 15 saponin. Sedangkan ginseng Korea Selatan, punya 37 saponin," ungkapnya.

Apa saja khasiat ginseng?

"Dulu ginseng hanya dipercaya sebagai penambah stamina. Tapi kini setelah dikembangkan, ginseng baik untuk sistem imunitas tubuh, pencegahan diabetes, memperlancar peredaran darah, mencegah kanker, mencegah pikun hingga bagus untuk Anti-aging (proses mencegah penuaan pada wajah)," papar Lefa.

"Bagi orang Korea, ginseng bukanlah obat tetapi sebagai vitamin," tambahnya.
Berbagai makanan di Korea pun menggunakan ginseng (iStock)Berbagai makanan di Korea pun menggunakan ginseng (iStock)
Tak ayal, orang Korea sendiri sangat menggemari ginseng. Banyak pula jenis makanan hingga snack yang memakai ginseng, sampai-sampai cokelat ginseng pun ada!

Ada 3 kualitas ginseng di Korea yakni kualitas biasa, Bumi dan Surga. Untuk tingkatan Surga, merupakan ginseng yang terbaik dan tidak dieskpor oleh pemerintah Korea Selatan. Akan tetapi, menjadi hadiah diplomatik bagi negara-negara lain.

"Orang Korea sangat bangga dengan ginsengnya," tutup Lefa. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA