Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Mei 2019 12:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tempat Wisata di Australia Barat yang Ajaib: The Pinnacles

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pemandangan The Pinnacles yang ajaib di Australia Barat (Masaul/detikcom)
Pemandangan The Pinnacles yang ajaib di Australia Barat (Masaul/detikcom)
Cervantes - Tempat wisata di Australia Barat ada yang begitu ajaib berupa gurun dengan bebatuan lancip. Inilah destinasi wisata alam yang harus didatangi wisatawan.

Australia Barat adalah destinasi yang menakjubkan untuk wisatawan Indonesia. Liburan ke tempat wisata di Australia Barat justru lebih dekat ke Indonesia dari pada kawasan lain di Negeri Kanguru.

BACA JUGA: Tempat Wisata di Australia Barat Bukan Cuma Perth, Lho!

Ada banyak pilihan penerbangan dari Jakarta dan Bali ke Perth. Dari Jakarta hanya butuh 4,5 jam dan dari Bali hanya 3 jam 40 menit penerbangan. Seperti terbang ke Hong Kong dan bahkan lebih dekat daripada terbang ke Beijing atau Seoul. Pilihan maskapainya dari full service sampai maskapai bujet untuk terbang ke Australia Barat.

detikcom telah melakukan perjalanan ke Australia Barat pada 21-27 Maret lalu. Kota Perth memang menjadi destinasi utama di sana. Tapi masih banyak tempat wisata di Australia Barat selain Perth yang asyik untuk dikunjungi antara lain The Pinnacles.

Tempat Wisata di Australia Barat yang Ajaib: The PinnaclesBus Adams Tour menuju The Pinnacles (Masaul/detikcom)

Lokasi The Pinnacles ada di Taman Nasional Nambung, di Nambung, Australia Barat. Anda bisa ke The Pinnacles menggunakan berbagai kendaraan atau tur travel, satu yang kami pilih adalah Adams. Kami memesan tur setengah hari dengan fasilitas 'hotel pickup service' menggunakan bus besar yang bila terisi penuh untuk 52 penumpang.

Hotel pickup service, hanya melayani di hotel-hotel tertentu saja dari Perth. Jadi, kamu harus ke hotel yang ditunjuk untuk berangkat ke The Pinnacles. Harga paket tur ini adalah AUD 169 (Rp 1,6 juta) per orang.

BACA JUGA: Panduan Praktis Liburan ke Australia Barat

Bus kami berangkat sekitar pukul 13.00, tidak tur guide di dalam bus, hanya si sopir sendirian memandu wisatawan. Sopir sembari menyetir sesekali membaca manifes penumpang, tak lupa menjelaskan sekenanya mengenai perjalanan kami. Sopir menjelaskan ke mana bus akan melaju dan tak terlalu detail. Perjalanan ke Nambung National Park tak kurang dari tiga jam jika langsung ke sana dari Kota Perth, atau sekitar 188 kilometer.

Destinasi pertama perjalanan ini adalah ke Yanchep National Park. Kita tak langsung menuju ke The Pinnacles karena menunggu momen sunset. Sekitar setengah jam kami mengeksplor Yanchep National Park untuk melihat koala yang tingga di pohon-pohon tinggi hingga melihat kanguru. Meski belum puas, kami sudah harus bernagkat lagi ke The Pinnacles untuk mengejar sunset.

Tempat Wisata di Australia Barat yang Ajaib: The PinnaclesKanguru di Yanchep National Park (Masaul/detikcom)

Perjalanan panjang ke Nambung National Park adalah wisata petualangan di Australia Barat yang menyenangkan. Kami melewati Kota Lancelin namun sayang tidak mampir. Kota ini punya pantai unik dengan gumuk pasir yang bisa dipakai untuk sand boarding. Meski di luar kota, jalanan Australia Barat begitu mulus dan kendaraan yang lewat sangat teratur. Kenapa bisa demikian?

Meski di luar kota, otoritas yang berwenang masih memasang alat kecepatan berkendara dan ada tilang otomatis jika melebihi kecepatan tertentu. Yakni, kamu tidak boleh mengendarai mobil lebih dari 110 km/jam saat di luar kota.

BACA JUGA: Rottnest Island, Tempat Wisata di Australia Barat yang Unik

Menyoal pemandangan, hanya ada hutan di sekitar Yanchep National Park. Setelahnya, sampai ke Nambung National Park hanya terlihat sabana yang amat luas dan hanya diselingi semak-semak saja.

Saat memasuki kawasan taman nasional, ada beberapa marka jalan yang terbilang unik dan mungkin hanya ada di Australia saja. Di antaranya yakni koala yang melintas, kangguru hingga binatang liar lainnya.

Tempat Wisata di Australia Barat yang Ajaib: The PinnaclesPemandangan di The Pinnacles (Masaul/detikcom)

Memang benar, beberapa kali terlihat kangguru berdiri di pinggir jalan menunggu sepi untuk menyeberang. Yang bikin sedih adalah terlihat juga adanya kangguru yang mati entah kenapa dan dibiarkan begitu saja. Mungkin karena ini alam liar, apapun bisa terjadi di sini.

Sampailah perjalanan kami ke The Pinnacles di Nambung National Park. Waktu menunjukan pukul 17.18. Hawa sejuk cenderung dingin amat terasa saat turun dari bus.

Segera kami berjalan ke lokasi karena sebentar lagi akan gelap. Sunsetnya sangat indah, keemasan warnanya. Warna keemasan itu berpadu padan dengan warna kekuningan dari pasir yang ada. Hal inilah yang jadi momen terbaik untuk pengambilan foto di The Pinnacles.

Tak hanya itu, Anda yang ke The Pinnacles juga bisa 'sand boarding' atau seluncur di gundukan pasir. Ada pula '4WD Adventure' menggunakan mobil yang dikenakan biaya tur setara AUD 215 atau setara Rp 2,15 juta. The Pinnacles sejatinya memant tempat wisata petualangan.

Tempat Wisata di Australia Barat yang Ajaib: The PinnaclesWisatawan menunggu sunset di The Pinnacles (Masaul/detikcom)

Menyoal bebatuan yang runcing, seperti menonjol di padang pasir, terbentuk sekitar lima juta tahun yang lalu dari kumpulan kerang yang mengeras. Paduan batu menjulang ini dulunya dikatakan terendam air laut.

Hanya sekitar 30 menit kami mengeksplor The Pinnacles ini. Perjalanan kami lanjutkan ke Cervantes The Pinnacles Motel untuk makan malam dengan menu steak dan seafood karena merupakan daerah pesisir.

Tempat makan seafood lainnya yang direkomendasikan di Kota Cervantes adalah Lobster Shack. Seusai makan, sekitar pukul 19.00 kami balik lagi ke The Pinnacles. Inilah momen kedua kami di sana.

Kunjungan kedua ini untuk memotret keadaan malam serta 'Milky Way' atau Galaksi Bima Sakti di The Pinnacles. Sangat cantik, Anda harus bisa menyetel kamera sehingga dapat merekam momen itu.

Tempat Wisata di Australia Barat yang Ajaib: The PinnaclesSunset di The Pinnacles (Masaul/detikcom)

Satu yang harus diperhatikan, saat kami berkunjung, adalah suhu yang cukup dingin dan angin cukup kencang. Oleh karenanya, kamu harus sedia pakaian hangat.

Hanya 15 menit kunjungan di malam harinya. Perjalanan dilanjutkan ke Kota Perth untuk diantar kembali ke hotel masing-masing atau ke posisi penjemputan.

The The Pinnacles mesti dicoba para wisatawan Indonesia yang mau liburan ke Australia Barat. Pemandangan alamnya begitu magis. Destinasi ini juga menarik untuk wisata keluarga di Australia Barat dengan mengenalkan alam liar kepada anak-anak.

Paket tur sore patut dicoba karena kita bisa menikmati suasana terang dan gelap malam sekaligus. Satu hari yang biasa di Australia Barat adalah satu hari yang luar biasa untuk traveler dengan jalan-jalan menikmati keajaiban alam di The The Pinnacles.

Tempat Wisata di Australia Barat yang Ajaib: The PinnaclesMalam penuh bintang di The Pinnacles (Masaul/detikcom)
(msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED