Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Mei 2019 17:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Rottnest Island, Tempat Wisata di Australia Barat yang Ajaib

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Hewan Quokka yang unik di Rottnest Island (Masaul/detikcom)
Hewan Quokka yang unik di Rottnest Island (Masaul/detikcom)
Fremantle - Pesona Australia Barat tak hanya di daratan utamanya. Ada Rottnest Island dengan pantai indah dan habitat hewan unik Quokka.

Australia Barat adalah destinasi yang menakjubkan untuk wisatawan Indonesia. Liburan ke tempat wisata di Australia Barat justru lebih dekat ke Indonesia dari pada kawasan lain di Negeri Kanguru.

BACA JUGA: Tempat Wisata di Australia Barat Bukan Cuma Perth, Lho!

Ada banyak pilihan penerbangan dari Jakarta dan Bali ke Perth. Dari Jakarta hanya butuh 4,5 jam dan dari Bali hanya 3 jam 40 menit penerbangan. Seperti terbang ke Hong Kong dan bahkan lebih dekat daripada terbang ke Beijing atau Seoul. Pilihan maskapainya dari full service sampai maskapai bujet untuk terbang ke Australia Barat.

detikcom telah melakukan perjalanan ke Australia Barat pada 21-27 Maret lalu. Kota Perth memang menjadi destinasi utama di sana. Tapi masih banyak tempat wisata di Australia Barat selain Perth yang asyik untuk dikunjungi antara lain Rottnest Island atau Pulau Rottnest.

Rottnest Island, Tempat Wisata di Australia Barat yang AjaibSuasana di Rottnest Island (Masaul/detikcom)


Cara pergi ke Rottnest Island

Pulau ini begitu gampang dijangkau dari dermaga feri B Shed di Fremantle. Di sini, kami memesan tiket kapal feri Rottnest Express. Cukup cepat dan kami sampai di Rottnest Island dalam waktu 30 menit. Anda juga bisa ke pulau ini naik kapal 90 menit dari Barrack Street di Kota Perth dan 45 menit naik kapal dari Northport, Fremantle. Kapal feri berangkat 4 kali sehari paling pagi pukul 07.30, paling sore pukul 15.30. Untuk kapal feri pulang ke Fremantle 5 kali sehari, paling pagi pukul 08.30, paling sore pukul 16.30.

Tak berpolusi, itulah kesan pertama ketika kami tiba ke Rottnest Island. Suhu saat itu sekitar 17 derajat celcius karena memasuki Musim Gugur dengan cuaca amat cerah dan tak ada awan sama sekali.

Rottnest Island, Tempat Wisata di Australia Barat yang AjaibKapal feri ke Rottnest Island (Masaul/detikcom)


Mengenal Rottnest Island:

Rottnest Island dijuluki Rotto oleh warga lokal. Ini adalah tempat bagi 63 pantai yang menakjubkan, 20 teluk indah, banyak terumbu karang dan bangkai kapal di sana.

Pulau ini menjadi tempat tinggal hewan ikon Austalia Barat. Inilah marsupial mini yang amat lucu dan menggemaskan yang hanya bisa ditemukan di sana, namanya Quokka (Setonix brachyurus)

Rottnest Island, Tempat Wisata di Australia Barat yang AjaibQuokka di kolong kursi (Masaul/detikcom)


Quokka masih bersaudara dengan Walabi, mereka tidak merasa takut terhadap manusia. Bahkan, tak jarang Quokka langsung mendekati para pengunjung. Namun, traveler dilarang keras memberinya makan makanan manusia. Pulau ini bahkan dinamai Quokka oleh penjelajah Belanda yang pertama kali berlabuh di sini.

7 Hal yang bisa dilakukan di Rottnest Island:

1. Naik sepeda

Rottnest Island, Tempat Wisata di Australia Barat yang AjaibWisatawan bersepeda di Rottnest Island (Masaul/detikcom)


Rottnest Island memiliki luas sekitar 19 kilometer persegi. Cukup luas bukan? Oleh karenanya Anda memerlukan sepeda dan harus menjajal sederet fasilitasnya. Jika belum memesan sepeda saat membeli tiket feri, kamu juga bisa memesannya di pulau dengan harga AUD 30 (Rp 300 ribu) per harinya.

Rottnest Island memiliki jalur pedestrian yang aman pula bagi para pejalan kakinya. Hanya perlu berjalan 10 menit Anda akan sampai di Pantai Pink yang terdapat pula mercusuar di sekitarnya.

2. Olahraga air

Rottnest Island, Tempat Wisata di Australia Barat yang AjaibTempat permainan air (Masaul/detikcom)


Rottnest Island adalah destinasi sempurna untuk penggemar olahraga air, termasuk berenang, menyelam, berselancar, memancing, dan bersnorkel. Anak-anak dapat bermain sepuasnya di wahana air Thomson Bay yang menyediakan pelampung, dinding panjat tebing, halang rintang, dan persewaan perahu kayuh.

3. Naik bus wisata

Anda tak ingin bersepeda atau olahraga air? Ada bus Island Explorer dan Discovery Bus Tour menghadirkan cara yang mudah dan nyaman untuk menjangkau pantai hingga teluk, serta tersedia tiket harian, mingguan, dan khusus liburan. Bus di Rottnest ini memiliki rute berkeliling pulau. Biayanya sebesar AUD 20 (Rp 200 ribu) untuk tiket harian sekali jalannya.

BACA JUGA: Wisata Sejarah dan Budaya di Fremantle, Australia Barat

4. Naik kereta wisata

Tak berhenti di situ, di pulau ini juga ada layanan kereta wisata, dari Stasiun Settlement ke Oliver Hill. Kereta ini hanya memiliki 64 kursi, tapi Anda dapat mengagumi keindahan sisi selatan Pulau Rottnest.

Kereta ini berangkat setiap hari dari Settlement Railway pukul 12.30, 13.30 dan 14.30. Boardingnya sendiri ditutup 10 menit sebelum keberangkatan dengan tiket untuk dewasa sebesar AUD 20 (Rp 200 ribu).

Lebih dari itu masih banyak tranportasi lain dengan keunggulan masing-masing yang bisa dicoba wisatawan. Contoh yang bisa Anda coba selanjutnya yakni, trekking dengan guide, tur kayak, terbang dengan pesawat capung, naik helikopter, diving hingga tur segway. Lengkap bukan?

5. Melihat paus

Rottnest Island, Tempat Wisata di Australia Barat yang AjaibMigrasi paus (Tash Press)


Rottnest Island adalah lokasi yang sempurna untuk menyaksikan migrasi ikan paus bungkuk dan paus sikat dari selatan. Pada bulan April, sekitar 35.000 ikan paus berenang ke utara dari Antartika untuk mencari makanan dan tempat berkembang biak di Samudera Hindia.

Dari akhir Agustus hingga November, dalam perjalanan pulang, mereka membawa anak paus yang baru lahir. Rombongan ini menghabiskan waktu cukup lama di perairan Rottnest Island yang terlindungi. Salah satu tempat terbaik untuk mengamati ikan paus ini ada di West End Boardwalk yang dapat dicapai dengan sepeda atau bus Island Explorer.

6. Pengalaman menginap unik

Anda ingin meluangkan waktu lebih di Rottnest Island, cobalah untuk menginap di sana. Ada sejumlah pilihan penginapan untuk Anda sewa mulai dari AUD 35-250 (Rp 350 ribu-2,5 juta). Pengalaman akomodasi yang mesti dicoba wisatawan adalah Glamping di Discovery Rottnest Island yang berada di Pantai Pink.

BACA JUGA: Tempat Wisata di Kota Fremantle, Australia Barat yang Asyik Dikunjungi

7. Belanja dan wisata kuliner

Rottnest Island, Tempat Wisata di Australia Barat yang AjaibWisata kuliner halal di E Shed Market (Masaul/detikcom)


Terakhir, Anda juga bisa membeli suvenir. Ada beberapa toko di Rottnest Island, tapi kami sarankan membeli di dekat Terminal Feri B Shed yakni di E Shed Markets yang sudah terlihat seperti pasar tradisional dengan bar dan kafe di sisi luar dan pujasera di ujungnya. Asyiknya, E Shed Market punya gerai wisata kuliner halal untuk muslim traveler yaitu Temasek Street Food dengan menu Singapura, Malaysia dan Indonesia. Harganya mulai AUD 10 (Rp 100 ribu)

Liburan ke Rottnest Island wajib menjadi pertimbangan para wisatawan Indonesia yang mau liburan ke Australia Barat. Satu hari yang biasa di Australia Barat adalah satu hari yang luar biasa untuk traveler dengan jalan-jalan berjumpa Quokka di Rottnest Island.

Buat traveler yang sudah tersihir pesonanya, klik di sini untuk info lebih lanjut.


(msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA