Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Mei 2019 09:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Islamic Center Rijeka, Masjid Pertama di Laut Adriatik

Bona
detikTravel
Foto: Masjid Islamic Center Rijeka (Dok.www.archnet.org)
Foto: Masjid Islamic Center Rijeka (Dok.www.archnet.org)
Rijeka - Menghadap langsung ke sebuah teluk, masjid ini menjadi yang pertama di Laut Adriatik. Futuristik, masjid ini jadi pusat kegiatan islam di Rijeka, Kroasia.

Mungkin nama Masjid Islamic Center Rijeka masih terdengar asing buat traveler Indonesia. Tapi begitu melihat tampilan masjid ini, kamu pasti langsung jatuh cinta.

Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Senin (27/5/2019) masjid ini berada di kota pelabuhan Rijeka, Kroasia. Kalau biasanya masjid ada di tengah kota, Islamic Center Rijeka ada di pinggir laut.

Masjid ini sengaja dibangun di atas bukit dan menghadap ke Laut Adriatik. Oleh karena itu, julukannya adalah Masjid Pertama di Laut Adriatik sejak Kerajaan Turki meninggalkan pantai Rijeka 500 tahun yang lalu.

Islamic Center Rijeka, Masjid Pertama di Laut Adriatik(iStock)


Seperti yang sudah disinggung, masjid ini memiliki tampilan futuristik. Masjid ini memiliki 5 bagian terpisah yang menjadi satu kubah besar.

Kubah dibuat dengan sangat fututistik dan artistik oleh sang arsitek, Dusan Dzamonja. Bahan utamanya adalah baja dan beton.

Di bagian kanan masjid ada sebuah menara dengan tinggi 23 meter. Menara dibangun dengan desain spiral. Lampu di atas menara bagaikan suar untuk kapal-kapal yang lewat.

Bahkan masjid ini terlihat sampai ke Teluk Kvarner. Teluk Kvarner sendiri berada di seberang lautan dekat dengan Krk Island.

BACA JUGA: Masjid Ini Kumandangkan Azan dengan 7 Muazin

Islamic center in Rijeka memiliki luas sekitar 10.000 meter persegi. Saat salat tiba, Masjid Islamic Center Rijeka bisa menampung sampai 1.400 orang.

Traveler yang masuk ke ke masjid ini akan dibuat lebih kagum. Bagian dalamnya terdiri dari 4 lantai yang terpisah dari ruang utama shalat.

Masjid ini juga memiliki ruang untuk aktivitas lain, seperti aula serbaguna, ruang kuliah, taman kanak-kanak, perpustakaan, ruang makan, ruang tamu, kafetaria, lapangan olahraga, dan parkir.

Meski baru diresmikan tahun 2009, namun Masjid Islamic Center Rijeka mampu menjadi pusat kebudayaan Islam di Kroasia. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA