Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jun 2019 23:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mau Lihat Seperti Apa Jakarta di Tahun 1627?

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Gambaran Batavia di tahun 1627 (@wfm.nl/Rob Tuytel)
Foto: Gambaran Batavia di tahun 1627 (@wfm.nl/Rob Tuytel)
Hoorn - Zaman dulu, nama Jakarta adalah Batavia dan terkenal jaya. Mengingat kejayaan tersebut, museum ini menghadirkan Batavia tahun 1627 lewat virtual reality.

Tahun 2019 ini menandakan 400 tahun sejak Batavia terbentuk. Pada zamannya dulu, Batavia atau yang dikenal sebagai Jakarta kini merupakan jantung perdagangan VOC di Asia.

Mengenang momen tersebut, Museum Westfries bekerjasama dengan museum kapal Halve Maen VOC di Hoorn 'membangkitkan' kembali kenangan akan Batavia tahun 1627 via teknologi virtual reality.

Dilihat detikcom dari situs resminya, Rabu (12/6/2019), pameran itu telah diadakan sejak 30 Mei 2019 kemarin hingga 5 Juni 2020 dengan tema Batavia 1627 VR.

Mengambil tahun 1627 saat Batavia dikuasai oleh Gubernur Jenderal Pieter de Carpentier, gambaran kota cikal bakal Jakarta itu digambarkan sesuai dengan peta buatan VOC saat itu.

Dalam teknologi virtual reality tersebut dapat dilihat dengan jelas, benteng Batavia di Kota Tua Jakarta lengkap dengan keempat menara pantaunya di tepian Sungai Ciliwung.

BACA JUGA: Kali Besar Kota Tua Jakarta yang Makin Instagramable

Dapat dilihat juga jalanan Batavia kala itu, juga kanal-kanal bergaya Belanda. Diketahui, citra Batavia tahun 1627 tersebut diambil dari peta buatan Floris van Berckenrode di tahun yang sama.

Walau diketemukan dalam kondisi tak sempurna, peta buatan Floris tersebut menyimpan informasi akan Batavia kala itu. Di mana gambaran Batavia itu dihidupkan kembali lewat teknologi virtual reality di Museum Westfries.

Bagi traveler yang kebetulan berada di Belanda, bisa melihat gambaran Batavia via kacamata virtual reality yang disediakan di museum tersebut.

Berikut teaser dari Batavia tahun 1627 oleh pihak Museum Westfries:


(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA