Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Jun 2019 13:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Eropa

Bonauli
detikTravel
Foto: (Pool)
Foto: (Pool)
Cambridge - Rumah ibadah yang indah memang menjadi idaman. Di Inggris, ada masjid yang tak cuma indah tapi juga jadi ramah lingkungan pertama di Eropa.

Inilah Cambridge Central Mosque, masjid ramah lingkungan pertama di Eropa. Terletak di Kota Cambridge, Inggris, masjid ini dibangun pada tahun 2017 oleh Marks Barfield Architects, seperti yang diintip detikcom dari situs resminya, Jumat (14/6/2019).

Cambridge Central Mosque memiliki tinggi 8 meter. Dalam satu kali ibadah, masjid ini mampu menampung 1.000 jamaah.

Bagian luar Cambridge Central Mosque ini tampak sama dengan masjid lainnya. Ada taman dan ruang terbuka untuk jamaah yang ingin sekedar duduk atau berdiskusi.
 Bagian taman masjid (marksbarfield) Bagian taman masjid (marksbarfield)


Tapi begitu masuk ke dalam, masjid ini menampilkan sisi yang lain. Bagian dalam masjid in memiliki tiang ukiran yang dibuat layaknya pohon.

Lantas mengapa disebut masjid ramah lingkungan?

Hal ini dimulai dari tenaga listrik yang digunakan. Masjid ini merias langit-langit masjid sehingga cahaya matahari bisa masuk untuk menerangi saat siang. Sedangkan malam hari, masjid ini dialiri oleh energi panel surya.

Ruang salat masjid (marksbarfield)Ruang salat masjid (marksbarfield)


Selain tanpa listrik, masjid ini juga punya penyejuk alami. Cambridge Central Mosque dibuat dengan ventilasi yang baik. Selain udara yang keluar masuk, masjid ini juga didinginkan oleh energi lokal yang dihasilkan melalui pompa panas.

BACA JUGA: Allahu Akbar di Korea Selatan


Jenis pompa panas ini mengekstraksi energi dari suhu udara atau air tanah yang relatif stabil. Kemudian memanaskan bangunan sesuai kebutuhan dan mendinginkannya pada saat hunian tinggi atau kelebihan panas.

 Cahaya dari panel surya (cambridgecentralmosque) Cahaya dari panel surya (cambridgecentralmosque)


Beralih ke bagian air, Cambridge Central Mosque memiliki penampungan khusus. Air hujan akan ditampung dan disaring untuk kebutuhan wudhu dan taman.

Berada di lingkungan yang beragam, masjid ini juga memberikan kenyamanan. Speaker masjid sengaja diarahkan ke arah dalam.

Selain masalah speaker, masjid ini juga membuka diri untuk semua orang. Masjid Cambridge juga membuka diri untuk semua wisatawan. Bahkan masjid ini juga kerap dijadikan tempat pertemuan bagi masyarakat Muslim atau pun non Muslim.

Sebagai rumah ibadah, Masjid Cambrige ingin memperlihatkan keindahan toleransi yang tinggi. Sikap toleransi ini bisa kita tiru dan terapkan ya traveler..




(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED