Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Jun 2019 13:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inikah Danau Terjernih di Dunia?

Syanti Mustika
detikTravel
Blue Lake di Selandia Baru (iStock)
Blue Lake di Selandia Baru (iStock)
Nelson - Tidak sekadar cantik, danau ini juga mendapat julukan terjernih di dunia. Seperti apa ya?

Dirangkum detikcom, Jumat (21/6/2019) danau ini dikenal dengan nama Blue Lake. Warga lokal menyebutnya Ngati Apa Iwi As Rotomairewhenua yang artinya air penuh kedamaian. Danau ini bagian dari Taman Nasional Nelson Lakes, dekat dengan pegunungan Alpen di selatan Selandia Baru.

Yang membuat danau ini sangat spesial adalah airnya yang sangat jernih. Bahkan dalam penelitian National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA) pada tahun 2011, kejernihan danau ini bisa dilihat dari jarak pandang hingga 80 meter. Wow!

(iStock)(iStock)


Pasti kamu bertanya-tanya, kenapa air di danau ini bisa sangat jernih kan? Dalam penemuan para peneliti terungkap bahwa aliran danau ini memiliki filter bendungan alami. Saringan ini terbentuk dari puing-puing longsor yang membentuk bendungan di antara dua danau.

BACA JUGA: Kalimantan Itu Indah, Danau Labuan Cermin Buktinya

Tidak hanya jernih, danau kecil ini juga dikelilingi oleh alam yang cantik. Dari pinggir danau saja, kamu bisa melihat bebatuan yang berada di dasar danau lho. Serta pepohonan dan langit biru yang terefleksi oleh air danau begitu memukau dipandang mata.

Jika diperhatikan dari sudut-sudut tertentu, air danaunya tidak biru toska, tapi biru keungungan. Blue Lake sebenarnya merupakan daerah pertemuan dua danau gleyser. Kemungkinan itulah yang membuat danau ini memiliki air paling jernih.

(iStock)(iStock)


Berkunjung ke sini, traveler akan merasakam suasana yang sangat segar. Pepohonan yang rimbun, udara bersih dan air yang jernih menghapus semua penat di kepala dan badan.

Biasanya turis yang datang ke sini tidak hanya bisa menikmati kejernihan danau dan berfoto ria. Namun juga juga bisa trekking menjelajahi Nelson Lakes National Park.

(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA