Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Jun 2019 07:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kejutan dari Dalam Pabrik Jet Pribadi Bombardier

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pesawat Bombardier(CNN)
Pesawat Bombardier(CNN)
Montreal - Mari kita melihat jeroan pabrik jet pribadi Bombardier. Kamu pasti tak menduga jika di dalamnya sama sekali tak mirip dengan pabrik.

Seperti dilansir CNN, Senin (24/6/2019), saat masuk, Anda akan merasakan atmosfer seperti di lingkungan pengrajin Eropa kuno. Setiap bagian lantai pabrik didominasi oleh pengerjaan tertentu.

Di satu sudut ada bagian pertukangan, lalu pelapis di sudut lain. Bahkan, beberapa area lebih menyerupai ruang seni daripada pabrik pesawat terbang.

Itulah Centre of Excellence Bombardier. Sebuah fasilitas di pinggiran Kota Montreal, Kanada. Merupakan tempat di mana interior kabin dari beberapa jet pribadi paling mewah di dunia dibuat.

Pembuatan jet kelas atas adalah pertemuan dua dunia yang berbeda. Setiap jet pribadi, pada saat yang sama, merupakan perpaduan mesin berteknologi tinggi dan karya pengrajin

Kejutan dari Dalam Pabrik Jet Pribadi BombardierFoto: (CNN)


Teknologi dan keahlian pengrajin

Jet pribadi modern menunjukkan kecanggihan di lebih dari satu sisi. Model-model terbaru yang ada di kelas atas seperti Bombardier Global 7500, sebagian diproduksi di pabrik Montreal, atau pesaingnya Gulfstream G650, dapat terbang sejauh 12.391 kilometer dengan kecepatan mendekati suara.

Namun, teknologi saja tidak akan memberi peningkatan dalam penjualan. Harus ada penyesuaian interior kabin. Pembeli jet pribadi sangat menuntut dalam hal kenyamanan dan gaya kabinnya sendiri.

Ini tidak jauh berbeda dengan memilih dekorasi yang cocok untuk rumah Anda. Pastinya ada barang-barang mewah sesuai selera dan perlu masuk ke dalam kabin seukuran 2,4x1,8 meter.

Banyak pekerjaan yang dilakukan di Center of Excellence terkait pengoptimalan jet pribadi. Tugas monumental dilakukan, yakni istilah industri untuk berbagai item yang melengkapi kabin, sehingga dapat dipasang di atas jet pribadi tanpa membebani kinerja mesin.

Ada bahan mewah kelas atas disediakan bagi menunjang gaya penumpangnya. "Kami memiliki pelanggan dari warga global, di semua benua, jadi penting bahwa dekorasi kabin dapat diterima secara global juga dapat mengakomodasi semua nuansa budaya,' kata Ian Moore, chief commercial officer di VistaJet, seorang operator jet eksekutif dengan armada 70 pesawat Bombardier.

"Pada saat yang sama, konsistensi sangatlah penting. Pelanggan mengharapkan standar dan gaya tertentu. Inilah sebabnya kami memiliki tampilan dan sentuhan yang sama di seluruh armada kami,"

Kejutan dari Dalam Pabrik Jet Pribadi BombardierFoto: (CNN)



Suasana intim

Orang yang terbang dengan jet pribadi mungkin ingin pesawatnya seperti cerminan rumah mewah mereka sendiri. Konfigurasi kabin disesuaikan apakah akan digunakan oleh perusahaan atau pribadi, kata pilot AS Todd McCutchan, yang menerbangkan pesawat Bombardier Global Express untuk klien di Timur Tengah, Eropa dan Asia.

"Pengalaman saya, ketika terbang jauh dengan profil kelas tinggi akan sangat jarang ditemui penumpang lebih dari lima atau enam orang di pesawat. Itu jauh di bawah jumlah maksimum yang dapat dibawa pesawat dan memberi suasana yang lebih intim," kata dia.

Permukaan kursi dibalut kayu dan berlapis kulit adalah hal biasa dalam jet pribadi. Yang lebih dari itu yakni berbagai macam kayu mahal dan pastinya lulus uji mudah terbakar. Tapi, penerapannya sering terbatas pada lapisan permukaan paling atas.

Panel kayu akan dipoles manual dan berulang hingga didapatkan hasil akhir yang sempurna. Lalu, kayu ini akan direkatkan ke bahan komposit yang kuat dan ringan.

Permukaan dapat disesuaikan dengan selera pelanggan, baik itu kayu yang terang, gelap, mengkilap atau kalem. Berjarak beberapa meter dari area pertukangan Bombardier, Anda akan merasakan suasana pabrik tekstil.

Ada para staf yang mengoperasikan mesin jahit, memotong tambalan kulit dan kain dengan berbagai ukuran dan bentuk. Bahan ini untuk menutupi area empuk di kabin, seperti kursi yang seluruhnya dirakit dan dilapisi kain di pabrik.

Baris demi baris bingkai logam dibuat menjadi kursi. Satu per satu menunggu untuk dilapisi dan dilengkapi dengan mesin elektronik

Kejutan dari Dalam Pabrik Jet Pribadi BombardierFoto: (CNN)


Sentuhan akhir

Pembeli jet pribadi tak akan mengambil pesawat Bombardiernya di Center of Excellence, tetapi ke Laurent Beaudoin Completion Centre terdekat, sekitar satu kilometer jaraknya. Centre of Excellence terlarang untuk dimasuki para pembelinya.

Selain perannya sebagai pusat penyelesaian dan pengiriman untuk sejumlah model Bombardier, seperti Global 5000/6000, Global 7500 dan Global 5500/6500, Laurent Beaudoin Completion Center juga merupakan ruang galeri bagi jet pribadi.

Sama seperti di toko furnitur atau studio dekorasi rumah kelas atas, pembeli yang datang sering dikelilingi oleh rombongannya yang besar. Mereka merasakan jet pribadi barunya pertama kali dan menambahkan segala sesuatunya bila dianggap kurang sesuai.

Berbagai macam sampel dipajang, ada pegangan kayu hingga ubin kamar mandi, desain karpet, kain dan kulit. Mereka juga dapat memilih aksesori seperti linen dan peralatan makan.

(CNN)(CNN)

Pengecatan atau livery

Skema cat jet pribadi dapat disesuaikan dengan logo pemiliknya, lambang keluarga atau beberapa desain artistik pilihan. Bahkan jika pelanggan memilih skema warna yang lebih dasar, jet pribadi itu masih akan dibawa ke hanggar pengecatan sebelum dikirim karena bercat awal hijau atau hanya dengan lapisan cat teroksidasi.

Pusat pengiriman jet pribadi Bombardier di Montreal akan lebih sibuk ke depan. Diperkirakan ada sekitar 155 pengiriman pada 2019, dibanding 2018 sejumlah 135 unit, model jet baru membantu industri mempertahankan jumlahnya.

Sementara Bombardier mengirim jenis Global 7500 pertamanya pada Desember lalu, saingannya Gulfstream juga tak kalah sibuk dengan memperkenalkan pesawat baru. Pada September 2018 ada pengiriman pertama Gulfstream G500, dan G600, model yang serupa diharapkan pengirimannya sebelum akhir tahun ini.

Permintaan untuk kedua jenis pesawat telah berkontribusi banyak bagi General Dynamics, pemilik Gulfstream. Sejumlah 145 jet pribadi telah dikirimkan pada tahun 2019, naik dari 121 unit dibanding pada tahun 2018. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED