Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Mei 2022 23:09 WIB

TRAVEL NEWS

Lho, Pesawat Ini Balik Kanan karena Pilot Belum Lulus Tes

Ilustrasi maskapai Virgin Atlantic
Pesawat balik lagi ke bandara karena perwira pertama belum lulus tes terakhir (Foto: Virgin Atlantic)
London -

Sebuah kejadian tak biasa dialami maskapai terkenal Inggris. Mereka harus balik kanan karena pilotnya belum lulus tes terakhir.

Melansir BBC, Jumat (6/5/2022), penerbangan Virgin Atlantic kembali ke Heathrow setelah kesalahan daftar pilot. Diketahui bahwa perwira pertama (kopilot) belum menyelesaikan tes terbang terakhirnya.

Sekitar 40 menit dalam penerbangan ke New York pada hari Senin, kedua pilot menyadari adanya "kesalahan daftar", kata maskapai itu.

Penerbangan VS3 telah mencapai langit di atas Irlandia sebelum kembali ke Heathrow. Virgin Atlantic mengatakan pengganti perwira pertama telah ditemukan dan pesawat kembali berangkat ke New York.

Maskapai bersikeras keselamatan tidak terganggu dan menjelaskan petugas pertama kali pertama bergabung dengan Virgin Atlantic pada tahun 2017.

Dia sepenuhnya memenuhi syarat di bawah peraturan penerbangan Inggris, tambah pihak maskapai. Hanya saja ia belum menyelesaikan penerbangan penilaian akhir yang merupakan bagian dari persyaratan internal maskapai.

Penerbangan harus kembali ke bandara karena kapten tidak ditunjuk sebagai pelatih. Biasanya, kontrol pesawat dibagi antara perwira pertama dan kapten. Tetapi kapten memegang tanggung jawab utama atas apa yang terjadi dalam penerbangan.

"Perwira pertama yang memenuhi syarat, yang terbang bersama kapten berpengalaman, diganti dengan pilot baru untuk memastikan kepatuhan penuh dengan protokol pelatihan Virgin Atlantic, yang melebihi standar industri," kata seorang juru bicara Virgin Atlantic.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pelanggan kami, yang datang dua jam 40 menit lebih lambat dari yang dijadwalkan akibat perubahan kru," imbuh dia.

Seorang juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) mengkonfirmasi kedua pilot memiliki lisensi yang sesuai dan "memenuhi syarat untuk melakukan penerbangan".



Simak Video "Kapten Hanafi, dari Lulusan STM Hingga Terbang ke Daerah Konflik"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA